Gubernur Cup Perebutkan Total Hadiah Rp3,8 Miliar

Gubernur Awang Faroek Ishak pimpin rapat persiapan

BALIKPAPAN – Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) bersama Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Kaltim siap menggelar Gubernur Cup memperebutkan hadiah senilai Rp3,5 miliar.

Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak meminta agar Dispora, KONI bersama PSSI mempersiapkan penyelenggaraan dan membentuk panitia untuk stering commite dan organizing commite.

“Gubernur Cup ini diilhami dari penyelenggaraan Piala Presiden yang baru lalu, sekaligus upaya bersama demi kebangkitan sepekbola Indonesia, termasuk Kaltim,” kata Awang Faroek Ishak saat memimpin rapat persiapan Gubernur Cup, di Balikpapan, Jumat (23/10).

Gubernur Cup dengan total hadiah sebesar Rp3,8 miliar ini diperoleh dari dukungan  sponsorship dan swasta. Khususnya para sponshorship dan perusahaan akan diberikan klasifikasi dukungannya.

Misalnya, platinum untuk bantuan sebesar  Rp5 miliar dan gold (emas) sekitar Rp 1 miliar. Sedangkan perak sebesar Rp500 juta dan perunggu Rp250 juta. Donasi ini sangat penting guna mendukung kesuksesan penyelenggaraan Gubernur Cup.

Selain itu, klub-klub yang akan bertanding adalah klub yang sudah berlaga diajang Piala Presiden. Juga, klub dari negara Korea Selatan yang dibawa PT Kideco Jaya Agung serta tim sepakbola PON Kaltim.

“Selain tim-tim yang sudah berlaga di Piala Presiden juga ada dari negara Koera Selatan serta Tim PON Kaltim. Bahkan, kita mengundang tim sepakbola negara-negara BIMP-EAGA atau Sukan Borneo,” ungkap Awang Faroek Ishak.

Dia menambahkan Dispora, KONI dan PSSI Kaltim segera memasukkan agenda laga nasional ini kedalam agenda rutin tahunan olahraga nasional dalam rangkaian HUT Provinsi Kaltim dan dikoordinasikan dengan Menteri Pemuda dan Olaharaga serta PSSI.

Sementara itu Kepala Dispora Kaltim H Fachruddin Djaprie  menyebutkan pada awalnya sudah ada 11 klub sepakbola nasional menyatakan bergabung ditambah satu tim PON Kaltim sehingga berjumlah 12 tim dan penyelenggaraan diperkirakan selama 20 hari.

“Kita perkirakan jumlah klub yang akan berlaga selain yang sudah terdata menjadi 16 tim termasuk tim sepakbola Sukan Borneo. Rencananya pertandingan dipusatkan di Stadion Utama Palaran Samarinda,” ujar Fachruddin Djaprie.

Rapat persiapan diikuti 50 peserta terdiri dari pimpinan SKPD lingkup Pemprov Kaltim, KONI Kaltim dan PSSI Kaltim serta para pengusaha. Tampak Ketua KONI Kaltim H Zuhdi Yahya dan Ketua PSSI Kaltim Yunus Nusi serta para Asisten Sekprov Kaltim. (yans/sul/es/hmsporv)

////FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak saat memimpin rapat persiapan penyelenggaraan Gubernur Cup 2015. Nampak Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya (kiri) dan Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Djaprie. (masdiansyah/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation