Gubernur dan Walikota Tanam Pohon di KRUS

Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia


SAMARINDA–Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada 28 November dan Bulan Menanam Nasional (BMN) yang ditetapkan pada Desember, ditingkat provinsi akan dipusatkan di Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) pada Minggu (24/11). Sedangkan untuk tingkat nasional akan dipusatkan di Bali pada Senin (25/11).
Kepala Dinas Kehutanan (Dishut) Kaltim Khairil Anwar mengungkapkan HMPI dan BMN 2013 mengangkat tema “ Wariskan hutan yang lebih baik bagi generasi penerus”. Untuk itu, pada kegiatan HMPI dan BMN 2013 tingkat provinsi, Pemprov melalui Dishut Kaltim akan melakukan penanaman seluas satu hektare di areal KRUS.
“Selain menanam pohon pada lahan seluas satu hektare, kita juga melakukan pemeliharaan bagi pohon yang telah ditanam pada HMPI dan BMN 2012 lalu seluas empat di areal KRUS juga. Pemeliharaan tersebut berupa mengganti tanaman yang mati dan membersihkan semak belukar yang tumbuh di sekitar pohon,” ungkap Khairil, Jumat (22/11).
Khairil menjelaskan, pada peringatan HMPI dan BMN 2013 itu nantinya direncanakan Gubernur Awang Faroek bersama Wagub Farid Wadjdy, jajaran FKPD Kaltim, SKPD lingkup Pemprov dan Walikota beserta jajaran SKPD lingkup Pemkot Samarinda akan menanam pohon di areal KRUS. Selain itu, lanjut dia, juga dilibatkan unsur mahasiswa, pelajar dari SMK Kehutanan, LSM dan tokoh masyarakat.
“Khusus untuk  gubernur kita siapkan lima lubang untuk penanaman. Karena sesuai dengan program Kaltim Green, yakni One Man Five Trees (Omfit) dimana setiap satu orang menanam lima pohon,” jelasnya.
Terkait jenis tanaman yang akan ditanam, Khairil menyebut sejumlah tanaman endemik lokal yang memang telah lama ada di Kaltim. Seperti meranti, kapur, kruing dan ulin. Termasuk tanaman buah-buahan yang rencananya akan ditanam di sekitar jalan masuk KRUS. Untuk buah-buahan tersebut, diharapkan nantinya dapat dimanfaatkan oleh hewan-hewan yang ada di KRUS.
Khairil menambahkan pada kesempatan itu nanti Dishut juga akan menerima bantuan sekitar 10.000 bibit buah-buahan dari Himpunan Pengusaha Hutan Indonesia (HPHI) Pusat. Bibit buah-buahan tersebut rencananya akan diserahkan kepada kabupaten/kota di Kaltim.
“Kita juga menerima bantuan bibit dari PT Total Indonesia berupa tanaman hutan jenis meranti, kruing dan ulin,” tambahnya. (her/hmsprov)

Teks foto : Gubernur Awang Faroek Ishak saat melakukan penanaman pohon bersama jajaran TNI dan Polri, belum lama ini. Gerakan menanam pohon terus digalakkan Gubernur Awang Faroek demi Kaltim Hijau dan Indonesia Hijau. (dok/humasprov)


 

Berita Terkait