Gubernur Didaulat Jadi Anggota Kehormatan Pepabri

Agum Gumelar Puji Kepemimpinan Awang Faroek

 

SAMARINDA - Atas jasa dan pengabdiannya dalam pelaksanaan pembangunan di segala bidang, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mendapatkan penghargaan dari Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri (Pepabri). Gubernur Awang Faroek Ishak didaulat menjadi Anggota Kehormatan Pepabri.

Pengangkatan Gubernur Awang Faroek Ishak sebagai Anggota Kehormatan Pepabri dilakukan oleh Ketua Umum DPP Pepabri Jenderal TNI (purn) H Agum Gumelar, ditandai penyematan lancana dan penyerahan surat keputusan serta piagam pengangkatan. 

Saat menyampaikan sambutan, Gubernur Awang Faroek mengungkapkan, pada 2002 silam, saat menjabat bupati Kutai Timur, penghargaan yang sama diterima dari pengurus besar Legium Veteran Republik Indonesia. Menurut Gubernur, penghargaan ini merupakan kehormatan yang bernilai tinggi.

"Tentunya harus dapat saya buktikan dalam kerja dan karya sebagai aparatur sipil negara dan anggota kehormatan Pepabri yang memiliki semangat pengabdian, pengorbanan, berjiwa ksatria dan memiliki semangat  nasionalisme yang didharma baktikan  untuk kemajuan dan kejayaan bangsa dan negara," kata Awang Faroek di Pendopo Lamin Etam, Senin (27/4).   

Gubernur mengajak para purnawirawan dan warakawuri berkontribusi menciptakan stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat. Bersama pemerintah, TNI dan Polri, para purnawirawan juga diimbau untuk tidak lengah terhadap kemungkinan konflik dan kerawanan sosial, khususnya terkait sara yang berpotensi terjadi setiap saat di tengah masyarakat. 

"Menjaga situasi yang aman dan kondusif, tentunya bukan peran pemerintah semata, tetapi seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat. Marilah kita tetap menjaga situasi Kaltim  yang kondusif, sehingga pelaksanaan pembangunan berjalan baik," kata Awang Faroek.

Sementera H Agum Gumelar mengatakan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak patut diangkat menjadi Anggota Kehormatan Pepabri, karena memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi dan memiliki wawasan  yang maju dalam memimpin daerah. Hal itu patut diteladani,  sehingga dengan bangga Pepabri menobatkan Awang Faroek Ishak sebagai anggota kehormatan.

"Ada tiga jenis anggota, yaitu anggota biasa, anggota luar biasa dan anggota kehormatan. Anggota kehormatan yang diberikan Pepabri sampai detik ini boleh dihitung jari dari seluruh pelosok tanah air," ungkap Agum Gumelar.  

Agum menambahkan, bangsa yang besar harus memenuhi tiga syarat. Pertama adanya jiwa semangat nasionalisme, rasa cinta, rasa bangga terhadap bangsa dan negeri ini, rasa ingin membuat yang terbaik untuk bangsa dan negeri ini, rela berkorban untuk kepentingan rakyat ketimbang kepentingan pribadi.

"Tanpa nasionalisme bangsa ini tidak akan pernah menjadi bangsa yang besar dan itu ada dalam diri Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. Itulah yang menjadi pertimbangan Pepabri menetapkan Gubernur Awang Faroek sebagai Anggota Kehormatan Pepabri," kata Agum.

Syarat kedua, memiliki daya saing pada sumber daya manusia (SDM) memasuki era globalisasi, era kompetitif dan era persaingan. Sumber Daya Manusi (SDM),  kerana dengan SDM daerah harus unggul dan andal.     

"Untuk peningkatan SDM, saya kagum dan bangga terhadap program gubernur Kaltim dengan adanya pemberian beasiswa dalam skala besar. Beasiswa tersebut merupakan salah salah satu upaya meningkatkan SDM yang unggul dan andal, sehingga kedepan SDM Kaltim mampu membawa daerah ini lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah lain di tanah air," tambah Agum. Dia juga sangat sependapat dengan komitmen Gubernur Awang Faroek Ishak mendorong pendirian Institute Teknologi Kalimantan (ITK).

Syarat ketiga lanjut Agum adalah penegakan disiplin, karena pembangunan akan berhasil jika pembangunan dilaksanakan ditengah masyarakat yang disiplin,  misalnya disiplin dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dengan menjalankan apa yang telah digariskan sesuai peraturan.  "Oleh kerana itu, nasionalisme, SDM yang andal dan adanya disiplin dari berbagai hal adalah kunci sukses pelaksanaan pembangunan," pungkas Agum. (mar/sul/es/hmsprov)

 

////Foto : Ketua Umum DPP Pepabri Jenderal TNI (purn) H Agum Gumelar menyerahkan plakat kepada Gubernur Awang Faroek Ishak. Gubernur didaulat menjadi Anggota Kehormatan Pepabri. (umar/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation