Gubernur: Diharapkan Pemikiran Cemerlang untuk Pembangunan Daerah

Welcome Party Pertemuan Regional Forum Rektor Kalimantan


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap melalui Pertemuan Regional Forum Rektor se-Kalimantan, menghasikan sejumlah pemikiran cemerlang untuk mendukung percepatan pembangunan daerah. Pemikiran atau ide-ide tersebut merupakan bagian dari tanggung jawab rektor terhadap kehidupan dan kemajuan berbangsa dan bernegara.    
 “Hal ini perlu saya sampaikan, karena yang namanya perguruan tinggi adalah bagian dari sub sistem pembangunan daerah. Karena itu, sumbang saran dan pemikiran untuk pembangunan daerah dari para rektor dan komponen perguruan tinggi sangat kami harapkan,” kata Awang Faroek Ishak saat memberikan arahan pada Welcome Party Pertemuan Regional Forum Rektor se-Kalimantan di Lamin Etam Samarinda, Minggu malam (30/6).
Perencanaan pembangunan daerah sejak awal seharusnya juga melibatkan partisipasi perguruan tinggi. Perhitungan  dalam perencanaan pembangunan daerah ini menurut gubernur akan lebih tepat sasaran dan realistis dengan kalkulasi dan perhitungan dengan melibatkan unsur-unsur penting dalam perguruan tinggi.
Kaltim saat ini telah melakukan hal tersebut. Bahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim, Rusmadi,  berasal dari Universitas Mulawarman (Unmul).
“Saya berharap Pemerintah Provinsi di Kalimantan juga dapat merekrut pejabat dari perguruan tinggi di daerah tersebut, sehingga bisa mendukung kinerja pemerintahan di daerah,” jelasnya.
Gubernur juga mengajak para dosen di Kalimantan tidak buta atau tutup mata untuk urusan politik. Komponen perguruan tinggi juga harus mengerti serta memahami permasalahan politik yang berkembang di daerah maupun nasional. (jay/hmsprov).

///Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (dua dari kiri) bersama Ketua Umum Forum Rektor Indonesia Laode Kamaluddin (dua dari kanan) pada Welcome Party Pertemuan Regional Forum Rektor Kalimantan.(norjaya/humas[prov kaltim)


 

Berita Terkait