Gubernur Dijadwalkan Launching Layanan Operasi Bedah Jantung

Jelang 100 Hari Kerja Gubernur

SAMARINDA - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Syahrani (RSUD-AWS) dr Rachim Dinata Marsidi menyatakan, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dijadwalkan melaunching operasi bedah jantung perdana oleh Rumah Sakit milik pemerintah itu, yang dijadwalkan pada Sabtu (22/2).

Rachim mengatakan, operasi bedah jantung ini juga sebagai wujud keberhasilan program 100 hari kerja Pemprov Kaltim, di bawah kepemimpinan Gubernur dan Wagub Kaltim yang bisa dirasakan masyarakat.

“Alhamdulillah peralatan hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan melaksanakan bedah jantung telah disiapkan. Terkait dengan kegiatan ini, untuk sementara RSUD-AWS masih bekerjasama dengan Rumah Sakit Jantung Harapan Kita. Dokter dari Rumah Sakit Jantung Harapan Kita akan didatangkan besok (hari ini), untuk mengetahui kondisi alat yang dimiliki rumah sakit,” kata Rachim ketika dikonfirmasi di Kantor RSUD AWS, Rabu (19/2).

Melalui program layanan operasi bedah jantung, diharapkan bisa meberikan layanan maksimal kepada masyarakat, seiring dengan tersedianya sejumlah sarana kesehatan untuk bedah jantung yang nilainya mencapai Rp6 miliar.

Menurut dia, di Kalimantan baru Kaltim yang memiliki layanan bedah jantung. Bahkan, untuk provinsi luar Jawa dan Jakarta, baru Kaltim yang melakukan ini.

“Pontianak dan Banjarmasin belum memiliki layanan ini. Saya yakin, dengan layanan maksimal, tidak menutup kemungkinan pasien dari daerah lain akan melakukan operasi di sini. Bahkan, untuk operasi bypass jantung bisa dilakukan di sini. Termasuk operasi katup jantung anak-anak,” jelasnya.

Guna mendukung dan menyukseskan layanan ini, selama setahun RSUD-AWS akan dibimbing oleh personil dari RS Jantung Harapan Kita. Termasuk perawat untuk menangani pasien jantung juga telah disekolahkan di RS Jantung Harapan Kita.

Diharapkan, pada Agustus 2014 RSUD-AWS sudah memiliki dokter bedah jantung dan perawat berkualitas. “Dengan SDM terlatih, kami berharap masyarakat Kaltim tidak perlu lagi melakukan operasi di luar daerah, cukup di AWS saja,” jelasnya.

Menurut dia, operasi jantung pada 22 Februari 2014 akan disaksikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melalui layar proyektor. Termasuk sejumlah awak media yang akan menyaksikan momen bersejarah itu.(jay/es/hmsprov).

///FOTO : RSUD A Wahab Sjahranie terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat termasuk salah satunya kini dapat melayani operasi bedah jantung dan tercatat yang pertama di Kalimantan dan di luar Pulau Jawa.(dok/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait
Government Public Relation