Gubernur Dukung Inovasi Forum Pemuda Disabilitas

Foto : Arief M

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor sangat mendukung keberadaan Forum Pemuda Disabilitas Kreatif yang difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olaharaga (Dispora) Kaltim, apalagi produk-produk hasil inovasi dan kreasi yang dihasilkan forum akan dilombakan di tingkat nasional.  

 

“Saya sangat mendukung dan memberikan support luar biasa kepada pemuda-pemudi disabilitas yang tergabung dalam Forum Pemuda Disabilitas Kreatif Kaltim,  yang berada dibawah binaan Dispora Kaltim, sehingga menjadikan pemuda disabilitas bisa mandiri dan percaya diri bahwa mereka adalah komunitas yang bermanfaat baik diri sendiri, keluarga, masyarakat, daerah maupun negara,” papar Isran Noor saat menerima Kepala Dispora Kaltim bersama jajarannya serta para pemuda disabilitas, di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Rabu (11/3/2020). 

 

Isran Noor menambahkan para disabilitas memiliki peran penting dalam pembangunan maupun kehidupan berbangsa dan bernegara serta bermasyarakat, karenanya dalam visi Kaltim berdaulat tahun 2018-2023, khususnya peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM)  untuk pemuda, perempuan dan penyandang disabilitas dijadikan prioritas.   

 

“Teruslah berkarya, berinovasi dan berkreasi menciptakan produk yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat. Harapannya hasil karya yang diciptakan bisa menjadi karya inovasi yang terbaik di tingkat nasional. Kepada Dispora Kaltim diharapkan terus melakukan pembinaan dan pemberdayaan serta pengembangan bagi pemuda disabilitas di Kaltim,” pesan Isran Noor.  

 

Kepala Dispora Kaltim Syirajudin mengatakan Forum Pemuda Disabiitas Kreatif Kaltim yang sudah terbentuk kurang lebih satu tahun, sudah difasilitasi dalam satu wadah berupa Forum Pemuda Disabilitas Kreatif dan forum itu merupakan yang pertama di Indonesia,

 

Bahkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melalui Sekretaris Menpora memberikan apresiasi yang tinggi kepada Dispora Kaltim yang telah melakukan pembinaan,1 penyadaran, pemberdayaan dan pengembangan bagi pemuda disabilitas di Provinsi Kaltim. 

 

"Hasil binaan yang kita lakukan kepada para pemuda disabilitas telah berhasil menciptakan berbagai kerajinan yang bisa diandalkan. Diantarannya membuat sofa dari hasil limbah serta kreasi kerajinan lainnya. Hasil kreativitas mereka akan dilombakan di National Paralympic Committee (NPC), yang akan digelar Kementerian MenPAN yang direncanakan pada April mendatang,” papar Srijuddin.(mar/her/yans/humasprov kaltim)      

Berita Terkait