Gubernur Dukung Pemekaran Kabupaten Berau dan Paser


SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan dukungan penuh terhadap upaya pemerintah daerah terkait rencana pembentukan Daerah Otonom Baru (DOB) Berau Pesisir. DOB ini akan menjadi pemekaran dari Kabupaten Berau dan Paser Selatan pemekaran dari Kabupaten Paser.

"Pemekaran wilayah di kedua kabupaten ini harus didukung karena merupakan aspirasi warga daerah, bukan aspirasi politik, jadi harus didukung," kata Awang Faroek Ishak, belum lama ini.

Hingga saat ini, Pemprov bersama DPRD Kaltim sudah memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Timur untuk pembentukan DOB Kabupaten Kutai Utara yang saat ini sudah bergulir pembahasannya di DPR-RI.

Meskipun saat ini pemerintah pusat untuk sementara waktu menghentikan pemekaran wilayah karena masalah anggaran dan kekhawatiran akan memicu permintaan pemekaran dari daerah lain. Kaltim berharap agar pemekaran wilayah di Kaltim segera terwujud.

"Insya Allah Berau Pesisir dan Paser Selatan berhasil. Memang masalahnya, pemerintah pusat melaksanakan moratorium pemekaran. Tapi, DPR-RI nampaknya tidak kehilangan akal karena akan mengacu pada Undang-Undang inisiatif. Ya mudah-mudahan saja kita berhasil," katanya.

Sebuah tekad besar dari Pemprov Kaltim terkait pemekaran ini untuk memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat dan menjadi suatu langkah strategis untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas pemerintahan baik pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan agar terwujud masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, adil dan makmur.

"Dengan pemekaran, daerah bisa kita sejahterakan rakyat. Dengan pemekaran, pembangunan dapat kita wujudkan dan hal mendasar dilakukannya pemekaran adalah adanya keinginan untuk melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dengan terpenuhinya kebutuhan dasar dan pelayanan yang lebih prima dari pemerintah kepada masyarakat," katanya. (rus/sul/es/humasprov

Berita Terkait