Gubernur: Expo Sebagai Ajang Pertanggungjawaban Pemerintah

Penutupan City Bontang Expo

BONTANG – Expo atau pameran yang rutin digelar merupakan ajang pertanggungjawaban pemerintah terhadap capaian dan hasil pelaksanaan pembangunan kepada masyarakat. Sebab, dalam ajang itu ditampilkan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan masing-masing SKPD (satuan kerja perangkat daerah).
“Expo ini merupakan salah satu pertangungjawaban pemerintah kepada masyarakat terhadap apa yang telah dilakukan selama ini,” kata Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak saat penutupan Bontang City Expo ke-3 di Lapangan Langlang Bontang, Minggu (13/10).
Selain keberhasilan dan prestasi yang telah diraih pemerintah dan ditampilkan dalam ajang pameran itu. Masyarakat juga dapat mengetahui secara jelas apa saja permasalahan dan kendala yang dihadapi pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan.
Terhadap keberhasilan dan prestasi yang diperoleh selama ini hendaknya terus ditingkatkan bahkan menjadikan motivasi untuk kinerja aparatur pemerintah bersama masyarakat untuk memajukan daerah.
Sedangkan terhadap kendala dan permasalahan yang dihadapi hendaknya dijadikan evaluasi untuk diperbaiki serta diselesaikan dan dicarikan solusinya. Sehingga, tujuan utama dari penyelenggaraan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat dapat diwujudkan.
Sesuai dengan tujuan dalam pembangunan daerah adalah menurunkan kemiskinan dan pengurangan pengangguran serta tersedianya infrastruktur, pelayanan dan fasilitas kesehatan dan pendidikan yang bermutu guna peningkatan sumber daya manusia Kaltim yang lebih berkualitas.
“Dalam evaluasi ini terlihat potret diri kita. Marilah kita koreksi apakah capaian yang diraih sudah sesuai dengan tuntutan masyarakat. Terutama dalam pembangunan infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat baik sandang, pangan dan papan, pendidikan dan kesehatan serta terbukanya lapangan pekerjaan dan peluang usaha,” ungkap Awang Faroek.
Sementara itu Walikota Bontang Adi Darma mengemukakan Bontang City Expo 3 merupakan pameran pembangunan yang diikuti seluruh SKPD di lingkup Pemkot Bontang dengan menampilkan usaha-usaha kecil mikro (UKM) serta perusahaan (swasta) di Bontang.
“Pameran pembangunan ini merupakan yang ketiga kali kita selenggarakan dalam rangkaian peringatan hari jadi Kota Bontang yang ke-14 tahun. Selain, instansi pemerintah juga diikuti pelaku usaha UKM dan pihak swasta di daerah,” ujar Adi Darma.
Peringatan HUT ke-14 Kota Bontang dirangkai dengan berbagai lomba serta penyelenggaraan Bontang City Carnaval 2 yang bertemakan lingkungan hijau diikuti seluruh gugus posyandu di lingkup kelurahan se-Kota Bontang. Bontang City Expo 3 secara diresmi ditutup Gubernur Awang Faroek sekaligus penyerahan hadiah bagi peserta/stand pameran terbaik. (yans/hmsprov)

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Walikota Bontang Adi Darma menerima setangkai bunga mawar merah dari peserta Bontang City Carnaval.(fajar/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait