Gubernur : Forum Harus Maksimalkan Tufoksinya

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor mengharapkan kepada semua forum, baik lintas  suku, agama dan etnis di Kaltim untuk terus memaksimalkan tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) untuk memelihara persatuan dan kesetauan serta  menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kita harapkan semua forum, dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan baik, khususnya untuk kewaspadaan dini, Sebelum terjadi konflik dan meluas harus bisa segera diatasi. Peran forum seperti ini tentu sangat membantu Kaltim agar tetap kondusif," kata Isran Noor saat menerima para pengurus Forum Kebangsaan Kaltim (FKK), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Pembauran Kebangsaaan (FPK), Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) da, Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT)  di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (7/11/2018). 

Ditambahkan, peran dan tugas masing-masing forum adalah menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa yang majemuk agar tetap utuh dalam suasana persaudaraan yang lestari, hidup rukun dalam kedamaian, ketentraman, toleransi dan kebersamaan di dalam kehidupan yang harmonis. 

Isran Noor mengatakan silaturahmi dan koordinasi seperti ini sangat penting untuk mendiskusikan berbagai permasalahan yang dihadapai di lapangan, sehingga program masing-masing forum nantinya bisa maksimal dalam menjaga kondusifitas daerah.       

Mantan Bupati Kutai Timur ini  mengakui, Pemprov sangat terbantu dengan keberadaan  beberapa forum yang sudah terbentuk.  Dan tidak kalah penting adalah paguyuban yang dibentuk antarsuku di Kaltim diharapkan dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya untuk terus memelihara kedamaian di Bumi Etam.

"Yang terpenting selalu melakukan koordinasi dan dialog bersama dengan pihak terkait Pemkab/Pemkot, TNI/Polri, termasuk para tokoh dan pemuka agama  harus terus dilakukan sebagai  upaya mencegah konflik agar tidak meluas, sehingga Kaltim tetap kondusif," paparnya.

Isran Noor  juga mengajak seluruh lapisan masyarakat Kaltim  untuk tidak  mudah terprovokasi serta tidak terpengaruh berita-berita yang bisa mencederai kebersamaan, toleransi serta persatuan dan kesatuan bangsa.

Berbagai lapisan masyarakat harus bersatu padu memelihara kebersamaan dan toleransi sesama umat beragama di daerah ini demi tegaknya NKRI. Hadir dalam pertemuan tersebut  Ketua Pembina Forum Kebangsaan Kaltim HM Yos Soetomo, didampingi  Hasyim Mi'raje, H Sayid Alwi,  H Asmuni Ali serta tokoh masyarakat lainnya. (mar/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation