Gubernur Hadiri FGD Bappenas dan Komisi XI


JAKARTA - Gubernur Kaltim H Isran Noor menghadiri Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Komisi XI DPR RI terkait dengan rencana Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Provinsi Kaltim di Hotel Mulia Jalan Asia Afrika Jakarta.

FGD pemaparan kajian rencama pemindahan IKN dibuka langsung Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan dihadiri anggota Komisi XI DPR RI, Jumat (20/09/2019).

Menteri menjelaskan tahapan-tahapan penting yang harus  dilakukan sebelum pemindahan Ibu Kota Negara tersebut.

"Didalam rencana pembangunan jangka menengah nasional (RPJMN) 2020-2024, kita sudah membuat skenario pembiayaannya. Termasuk bagaimama meminimalisasi pembiayaan dari APBN," kata Bambang.

Setelah semuanya melakukan pengkajian, lanjut Bambang, pada 2020 sudah bisa dilakukan penyiapan regulasi, kelembagaan, lahan dan rencana tata ruang menjadi fokus tahapan pemindahan IKN.

Sementara Gubernur Isran Noor mengatakan kajian-kajian yang dilakulan pemerintah pusat sebelum pemindahan ibu kota negara melalui FGD sangat tepat. Sehingga berbagai masukan maupun kritikan menjadi referensi sebelum maupun sesudah pemindahan.

"Kita di daerah hanya memaparkan semua kesiapan yang sudah ada guna mendukung pemindahan ibu kota baru. Dan kami hanya Sami'na wa Atho'na. Daerah tidak ada mengusulkan kawasan IKN. Sebab itu kewenangan dan program pemerintah pusat," ujar Isran Noor.(mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation