Gubernur Hadiri Musrenbangnas RPJMN 2020-2024, Pastikan Kaltim Searah Kebijakan Nasional


JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor menghadiri pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (Musrenbang RPJMN) 2020-2024 yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019). 

Mursrenbangnas RPJMN 2020-2024 dibuka secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Pembukaan ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Presiden yang didampingi Wapres KH Ma'ruf Amin, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian. 

Dalam arahannya, Presiden Jokowi menegaskan dalam lima tahun kedepan pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan infrastruktur. Dengan tujuan untuk lebih memperkokoh pondasi dalam berkompetisi dengan negara lain. 

"Sesakit apapun harus kita tahan agar pembangunan infrastruktur harus betul-betul rampung dan selesai," tegas Jokowi.

Jokowi mengatakan dirinya ingin menyambungkan infrastruktur yang ada sekarang ini dengan kawasan-kawasan industri, kawasan produksi pertanian, kawasan produksi perikanan dan kawasan wisata yang ada disetiap provinsi. 

"Misalnya ada jalan tol, sambungkan ke kawasan pertanian. Siapa yang menyambungkan? Itu tanggung jawabnya pemerintah daerah. Ada pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten dan kota. Kalau tidak memiliki kemampuan di APBD, bisa berkonsultasi ke Menteri PU. Berkonsultasi. Selain jalan tol, juga airport, bendungan, pembangkit listrik yang jadi perhatian untuk disambungkan dengan kawasan-kawasan tadi," jelas Jokowi.

Selain kelanjutan pembangunan infrastruktur, mantan Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyebut empat fokus lainnya pada RPJMN 2020-2024, yakni pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM), penyederhanaan birokrasi, penyederhanaan regulasi dan pemangkasan peraturan-peraturan, serta transformasi ekonomi. 

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan pemerintah provinsi siap menyukseskan program pembangunan yang difokuskan pemerintah pusat selama lima tahun kedepan. Terlebih, Kaltim sudah ditunjuk sebagai lokasi baru ibu kota negara (IKN), maka infrastruktur terus dibangun guna mendukung kelancaran pemindahan IKN. 

"Besok Jalan Tol Balikpapan-Samarinda akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Ini salah satu infrastruktur penunjang IKN. Kita sudah memiliki bandara dan pelabuhan yang representatif di dua kota penunjang, Samarinda dan Balikpapan. Demikian juga dengan kawasan industri yang sudah kita kembangkan, seperti di Kariangau, Maloy dan Buluminung, serta kawasan wisata di Kepulauan Derawan. Artinya kita siap melaksanakan program RPJMN 2020-2024 bersinergi dengan RPJMD Kaltim 2018-2023," urai Isran.

Tampak hadir Ketua DPR, DPD dan MPR RI, menteri kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, serta gubernur, bupati dan walikota se Indonesia. (her/yans/humasprovkaltim).

Berita Terkait