Gubernur Hadiri Pembukaan Rakortekrenbang Regional 2019, Isran : Terjadi Kesenjangam Pembiayaan Infrastruktur

Gubernur Kaltim H Isran Noor Pada Pembukaan Rakortekrenbang Regional II tahun 2019. (Yuvita/humasprovkaltim)

BALIKPAPAN - Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan pembangunan infrastruktur di Jawa dan di luar pulau Jawa telah terjadi kesenjangan cukup besar dari segi pembiayaan. Pernyataan itu disampaikan Gubernur pada pembukaan Rakortekrenbang Regional II tahun 2019 yang digelar di Grand Senyiur Hotel Balikpapan, Senin (11/3/2019). Pembiayaan itu ujarnya, bersumber dari APBN dimana perbedaannya sangat luar biasa,

Menurut dia, kesenjangan antar wilayah bisa dikurangi dengan memberikan dukungan pembiayaan dan kesempatan pembangunan di seluruh wilayah Indonesia. "Pola perhatian ini akan terbentuk atau terwujud keadilan yang bisa diterima dan membawa manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia di wilayah timur," paparnya.

Apa yang disampaikan tersebut, jelasnya karena Kaltim masih memiliki cinta serta sayang kepada bangsa dan negara ini. Ketika keadilan ditegakkan, lanjut Isran maka kekuatan dan kekokohan bangsa semakin kuat.

Sebaliknya, ketika keadilan tidak dilakukan maka biasanya kesenjangan terjadi di berbagai daerah termasuk terhambatnya pembangunan masyarakat. "Saya sampaikan agar dipertimbangkan dalam perencanaan nasional dan regional terutama daerah di luar pulau Jawa dapat ditingkatkan pembiayaan pembangunan infrastruktur," ungkapnya.

Isran mengatakan perlu dipelajari bahwa terjadi kesenjangan pembangunan infrastruktur antar wilayah di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan wilayah lainnya.

Whats-App-Image-2019-03-11-at-18-45-59

Faktanya pembiayaan dan pembangunan infrastruktur terbesar di Pulau Jawa yang mencapai 50 persen. "Berarti sisanya 50 persen itulah yang dibagi-bagi Kalimantan, Sumatera, Sulawesi, Maluku, Maluku Utara dan Nusa Tenggara serta Papua," jelasnya.

Isran berharap Mendagri dan Kepala Bappenas bisa mengoreksi serta evaluasi kebijakan pembiayaan dan pembangunan infrastruktur secara regional bahkan nasional. (mar/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait