Gubernur Hadiri Peringatan HUT TNI

BALIKPAPAN : Peringatan HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 68 dipusatkan di Lapangan Merdeka Balikpapan, Sabtu(5/10) berlangsung meriah meski diwarnai hujan deras, dalam kesempatan itu Helikopter yang merupakan hibah Pemprov Kaltim kepada Kodam VI Mulawarman melakukan beberapa atraksi.
Hujan deras disertai angin yang cukup kencang  mewarnai Upacara HUT TNI ke 68 yang dipimpin Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman. Nampak hadir Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak, Kapolda Kaltim Irjen (Pol) Dicky Atotoy serta sejumlah bupati dan walikota.
Usai pelaksanaan upacara, dilanjutkan dengan sejumlah atraksi diantaranya simulasi pembebasan sandera oleh Batalyon Infanteri 600 Raider, penangkapan pembalak liar, atraksi terjun payung, yang menarik  kesemua aksi tersebut melibatkan peran helikopter berjenis Bell 412 EP yang merupakan hibah Pemprov Kaltim kepada Kodam VI Mulawarman.
Helikopter buatan PT Dirgantara Indonesia tersebut melakukan sejumlah manuver terbang cukup rendah saat menurunkan tim saat simulasi penyergapan pembalak liar serta menaikan orang melalui crane  yang terpasang dalam helikopter.
Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman mengatakan helikopter jenis Bell 412 EP   yang tercanggih karena dilengkapi radar udara dan mampu melakukan foto-foto udara yang tentu sangat berguna dalam mengawal perbatasan dan menjaga NKRI.
“Kita harus berterima kasih, heli canggih ini bantuan Pemprov Kaltim,” kata Dicky.
Dia mengatakan, dalam memperkuat pengawalan perbatasan TNI juga akan membangun akan skuadron Heli di Berau,   selain heli Bel 412 EP,  juga akan diperkuat  dua helikopter Apache, Black Hawk serta empat heli angkut.
Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak mengatakan bantuan hibah helikopter kepada Kodam VI Mulawarman dapat membantu TNI dalam menjaga pertahanan dan keamanan di wilayah Kalimantan Timur.
“Apalagi wilayah perbatasan kita cukup luas, yang tentu membutuhkan helikopter yang andal, dan hal itu merupakan komitmen kita untuk membantu TNI,” kata Awang.  (gie/hmsprov)

//Foto: Kendaraan lapis baja TNI. (Pendam VI Mulawarman).


 

Berita Terkait