Gubernur Hadiri Puncak Hari Otda


SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menghadiri upacara Puncak Hari Otonomi Daerah (Otda) XX di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. Selain menghadiri upacara tersebut, Gubernur Awang Faroek Ishak juga akan menghadiri penyerahan penghargaan Kepala Daerah Berprestasi dan penyerahan penghargaan apresiasi Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) 2015.
Asisten Bidang Pemerintahan Setprov Kaltim Dr Meiliana mengatakan peringatan tersebut setiap tahun dilaksanakan. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi momentum refleksi otonomi daerah, agar pengembangan penyelenggaraan pemerintahan daerah otonom semakin baik.
“Tujuan peringatan ini untuk merefleksikan kembali makna dari kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah yang telah dilaksanakan sejak tahun 1999. Diharapkan penyelenggaraan pemerintahan di daerah otonom di Kaltim semakin baik dan mampu mensejahterakan masyarakat,” kata Meiliana dikonfirmasi di Samarinda, Ahad (24/4).
Perkembangan daerah otonom di Kaltim semakin pesat. Artinya, tingkat pertumbuhan pembangunan di daerah otonom semakin maju, seiring bertambahnya pertumbuhan penduduk lokal maupun pendatang.  
Beberapa daerah otonom di Kaltim yang kini perkembangan pembangunannya semakin maju, mulai Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Mahakam Ulu. Selain itu, Kaltim juga telah memekarkan daerah otonomi baru (DOB) di Wilayah Utara dengan terbentuknya Provinsi Kaltara.
“Alhamdulillah dengan otonomi daerah, pelayanan publik, mulai administrasi kependudukan hingga penyelenggaraan pembangunan fisik hingga pemerintahaan semakin baik dan cepat. Karena tidak terkendala waktu dan jarak. Artinya, dengan perkembangan otonomi daerah penyelenggaraan pemerintahan semakin bagus, apalagi sejumlah daerah otonom baik di Kaltim dan Kaltara berhasil meraih penghargaan tingkat nasional,” jelasnya.
Peringatan otonomi daerah tahun ini diharapkan dapat menjadi momentum reorientasi diri, koreksi diri bagi penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang efisien dan bersih sebagai perwujudan nawacita.(jay/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation