Gubernur Hadiri Rakorsus bersama Menko Polhukam, Bahas Antisipasi Kebakaran Hutan

Gubernur Isran Noor saat menghadiri Rakorsus Tingkat Menteri membahas antisipasi kebakaran hutan dan lahan di Kantor Menko Polhukam. (norjaya/humasprov kaltim)

JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto menghadiri Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) Tingkat Menteri membahas tentang antisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) 2019 di Indonesia. Rakorsus digelar di Ruang Rapat Nakula, Kementerian Polhukam Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Rapat dipimpin Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Jenderal TNI (Purn) Wiranto didampingi Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya Bakar.

Menkopolhukam Wiranto dalam arahan menjelaskan, tujuan rapat tersebut sebagai evaluasi penanganan karhutla sepanjang tahun 2018 terhadap permalahan Karhutla di masing-masing daerah dianggap rawan. "Kami bersyukur para Gubernur, Pangdam dan Kapolda yang diundang bersedia hadir. Diharapkan pertemuan ini dapat memberikan informasi terbaru dan ada inovasi baru bagaimana mengantisipasi permasalahan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia," kata Wiranto.

Usai pertemuan, Gubernur Isran Noor menegaskan antisipasi kebakaran hutan dan lahan ini harus dilakukan bersama-sama semua pihak terkait. “Pak Menkopolhukam tadi memberi arahan agar semua perangkat terkait harus memberikan perannya dan melaksanakan penanganan kebakaran hutan dan lahan ini sesuai payung hukum yang berlaku,” kata Isran Noor.

Pemprov Kaltim dengan dukungan DPRD Kaltim sangat serius dalam antisipasi pengendalian kebakaran hutan dan lahan ini. Diantaranya dengan dengan membuat peraturan daerah terkait mitigasi dan perubahan iklim.

Pemprov Kaltim juga berjuang keras untuk mendapatkan dukungan anggaran yang lebih besar kepada pemerintah pusat untuk penanganan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan ini. “Provinsi sudah bekerja keras. Mudah-mudahan kabupaten dan kota juga memberikan dukungan untuk masalah ini,” ucap Isran kepada para wartawan.

Tampak mengdampingi Gubernur Isran Noor, Asisten Administrasi Umum yang juga Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaltim Bere Ali dan Kepala Dinas Kehutanan Amrullah. Rakor dilaksanakan selama satu hari. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait