Gubernur Ikuti Business Meeting GCF di Columbia

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama perwakilan Kaltim mengikuti business meeting GCF (Governors Task Force on Climate and Forest) (IST)

CAQUETA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bersama perwakilan Kaltim mengikuti business meeting GCF (Governors Task Force on Climate and Forest) yang dibuka Gubernur Provinsi Caqueta Alvaro Pacheco Alvares, selaku tuan rumah.

Gubernur Caqueta menjelaskan keberadaan hutan sangat vital bagi kehidupan manusia. Kehadiran para gubernur dalam GCF merupakan wujud tanggung jawab dan kepedulian bersama terhadap alam dan jaminan keselamatan ekologis bagi anak cucu. Provinsi Caqueta merupakan salah satu wilayah di negeri Kolombia yang memiliki hutan tropis dan bagian penting dari dataran Amazon.

Saat ini anggota GCF terdapat 38 negara bagian atau provinsi yang berasal dari negara Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Selatan, Afrika, Asia dan Eropa. Terdiri Brazil (sembilan negara bagian), Amerika Serikat (dua negara bagian), Peru (tujuh negara bagian), Colombia (satu negara bagian), Ekuador (satu negara bagian), Mexico (tujuh negara bagian), Spanyol (satu negara bagian), Indonesia (tujuh provinsi), Nigeria (satu negara bagian) dan Ivory Coast (dua negara bagian)

58410562-135159940900429-774775054308805324-n

Beberapa keputusan penting dari business meeting ini diantaranya proses dan jangka waktu untuk seleksi dan penerimaan anggota baru GCF diperpendek dari satu tahun menjadi enam bulan.

Keberadaan kelembagaan Executive Committee tetap dilanjutkan. Persetujuan pemberian status keanggotaan tetap Two at Large bagi negara bagian California dikarenakan komitmen, inovasi dan kontribusinya selama ini kepada upaya adaptasi dan mitigasi perubahan iklim di California maupun global.

“Caqueta Call”, panggilan untuk bekerjasama dari para pemimpin pemerintahan di wilayah hutan tropis. Inti panggilan ini adalah ajakan kerjasama guna mewujudkan pengelolaan hutan dan sumberdaya alam secara berkelanjutan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dan melindungi bumi.(her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation