Gubernur Imbau Orang Tua Waspada

Maraknya Kebut-kebutan di Jalan

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengimbau agar seluruh orang tua dapat waspada terhadap kegiatan yang dilakukan anak-anak. Karena hingga saat ini masih banyak anak-anak di usia sekolah mengalami kecelakaan lalu lintas. Lantaran tidak mentaati peraturan yang telah ditentukan.
Awang mengaku, pengalaman tersebut sudah dia alami sejak kecil, ketika itu dia masih duduk di bangku sekolah, sehingga jika ada yang mau menggunakan kendaran, maka harus memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).
Sementara, jika untuk membuat SIM, anak-anak harus taat aturan hukum. Artinya, yang bisa membuat SIM adalah orang yang telah cukup umur. “Bukan hanya orang tua yang harus mengingatkan. Tetapi seluruh masyarakat juga berperan penting dalam membina anak-anak di bawah umur, bahkan guru-guru juga demikian,” kata Awang Faroek Ishak baru-baru ini di Samarinda.    
Jika memang ada orang tua yang memberikan hadiah berupa kendaraan untuk anak-anak, maka hadiah tersebut dinilai akan menganggu aktivitas orang tua. Memang, sambung dia, jika memberikan hadiah tentu boleh-boleh saja, apalagi hadiah itu adalah mobil. Tapi diimbau, kalau memberikan hadiah tersebut juga harus dengan sopir.
Imbauan ini disampaikan, karena gubernur prihatin terhadap permasalahan yang dialami anak-anak usia sekolah, hingga mengakibatkan kecelakaan di berbagai daerah, lantaran anak-anak suka kebut-kebutan di jalan raya dan tidak mengetahui tata tertib lalu lintas.(jay/hmsprov)
 

Berita Terkait