Gubernur Isran Tegaskan Keluarga, Benteng Utama Ketahanan Masyarakat

Gubernur Kaltim Isran Noor

SAMARINDA - Keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat menjadi benteng utama dalam ketahanan keluarga bahkan bangsa dan negara. Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor saat menjadi keynote speaker pada Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Jumat (28/6/2019).

Bagi orang nomor satu Benua Etam ini, terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing tinggi dimulai dari lingkup keluarga.

Karenanya, ketahanan nasional atau kekuatan sebuah bangsa karena memiliki generasi penerus yang berkarakter dan berkualitas yang dibangun dalam suatu keluarga. "Di Hari Keluarga Nasional (Harganas) ini,kembali mengingatkan kita semua betapa keluarga menjadi benteng utama ketahanan bangsa. Kita semua berperan mewujudkannya," kata Isran Noor.

Mantan Bupati Kutai Timur ini sangat berharap seluruh kompinen masyarakat dan elemen bangsa benar-benar mendukung program nasional (pelaksanaan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga/KKBPK). Tidak terkecuali di Kaltim.

Oleh karena itu, Iaran mengingatkan setiap 29 Juni selalu dilaksanakan peringatan Harganas. Dimana tahun ini menjadi peringatan ke XXXVI digagas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). "Kita tidak bicara sektor. Tapi bagaimana seluruh pemangku kepentingan terlibat mewujudkan generasi berkualitas melalui keluarga. Sehingga ketahanan bangsa dan negara ini benar-benar terwujud pula," tegas mantan Ketua Apkasi ini.

Sementara Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Eli Kusnaeli mengemukakan tujuan utama pemerintah menggalakkan program KKBPK untuk mewujudkan keluarga berkualitas, sehingga ketahanan keluarga, bangsa dan negara terwujud. "Peringatan Harganas mengingatkan pada seluruh masyarakat Indonesia pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan untuk membangun bangsa dan negara," ujarnya.

Peringatan Harganas XXVI Tahun 2019 yang dipelopori BKKBN mengangkat tema Hari Keluarga, Hari Kita Semua dilaksanakan di Kalimantan Selatan. (yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation