Gubernur: Jaga Kondusifitas Kaltim

Kehormatan Bagi Kaltim Jadi Tuan Rumah TTGN XVI 2014

SAMARINDA – Diawali tarian selamat datang, persembahan Komunitas Seni Budaya Seraong Kaltim, perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI 2014, di Stadion Madya Sempaja Samarinda dibuka Wakil Presiden Boediono, Kamis (19/6).

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada jajaran pemerintah pusat atas kepercayaan yang diberikan kepada Kaltim, khususnya Samarinda sebagai tuan rumah Gelar TTG Nasional XVI 2014.

Menurut Awang, ajang ini merupakan kesekian kalinya kabupaten/kota di Kaltim mendapatkan kehormatan sebagai tuan rumah kegiatan nasional. Sebelumnya, Kaltim didaulat menjadi tuan rumah PON XVII 2008, Peringatan Hari Koperasi, Hari Nusantara dan Pekan Nasional (Penas) KTNA.

“Kepercayaan ini merupakan suatu kehormatan bagi kami. Sebagai tuan rumah kami selalu berupaya  memberikan pelayanan terbaik kepada tamu undangan dan peserta dari daerah lain. Gelar TTG harus menjadi ajang untuk meningkatkan tali persaudaraan dan berbagi ilmu pengetahuan tentang teknologi tepat guna untuk kemudian diaplikasikan di masyarakat,” kata Awang Faroek.

Awang Faroek menjelaskan masyarakat Kaltim sangat heterogen, terdiri dari berbagai suku bangsa dengan jumlah penduduk sekitar 4 juta jiwa dan pertumbuhan penduduk sangat tinggi, yakni 3,7 persen. Kemajemukan suku bangsa dan agama ini menjadikannya daerah ini dijuluki sebagai Indonesia Mini.

“Namun hubungan antar masyarakat di Kaltim tetap terjalin harmonis. Penduduk Kaltim sangat ramah, sopan, saling menghormati dan saling menghargai sehingga tercipta situasi yang sangat kondusif hingga saat ini,” jelas Awang. 

Perhelatan Gelar TTG Nasional XVI 2014 di Samarinda, ujar dia, memiliki makna sangat penting khususnya dalam upaya merajut persatuan kesatuan bangsa Indonesia. Acara tahunan yang menyajikan infromasi mengenai teknologi tepat guna dari berbagai daerah ini juga seiring dengan Visi Kaltim Maju 2018 yang mengedepankan sektor ekonomi terbarukan dalam struktur perekonomian Kaltim.

Awang Faroek berharap melalui gelaran ini masyarakat berperan aktif dalam upaya pemanfaatan dan penguasaan teknologi guna membangkitkan keunggulan komparatif maupun keunggulan kompetitif, khususnya masyarakat di perdesaan dalam menghadapi berbagai persoalan hidup.

Pada pembukaan Gelar TTGN kemarin, Gubernur Awang Faroek Ishak menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi untuk kategori provinsi yang berhasil melakukan pemberdayaan masyarakat desa melalui teknologi tepat guna. Provinsi lain yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Aceh.

Sedangkan untuk kategori kabupaten/kota, penghargaan diterima Kabupaten Kutai Kartanegara. Kabupaten dan kota lain yang menerima  yakni Kota Cilegon (Banten), Kota Solok (Sumatera Barat) dan Kabupaten Pekalongan (Jawa Tengah). (her/sul/es/hmsprov).

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation