Gubernur: Jaga Situasi Terus Aman dan Kondusif

Gubernur Gembira Melihat Antusiasme Masyarakat PPU


PENAJAM  – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Danrem 091/ASN Brigjen TNI Gadang Pambudi, Kapolda Kaltim Irjen Polisi Anas Yusuf dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kaltim Andi Sunandar, serta jajaran Pemprov Kaltim melakukan peninjauan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Kamis (25/4).
Pada kesempatan itu, Gubernur beserta rombongan meninjau beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Penajam, seperti di TPS 11 dan TPS 5, serta TPS 3 dan TPS 4. Gubernur berharap pelaksanaan Pilbup di Kabupaten PPU dapat berlangsung dengan lancar.
“Hari ini saya sengaja memantau pelaksanaan Pemilukada di PPU ini, dan dari laporan KPU semoga semuanya bisa terlaksana dengan baik, kecuali anak sekolah yang mengalami pengunduran karena bersamaan dengan pelaksanaan Ujian Nasional (UN), namun tetap hari ini juga,” ujar Gubernur usai meninjau TPS 5 di Kecamatan Penajam, yang juga didampingi Bupati PPU Andi Harahap dan Wabup Mustaqim.
Gubernur berharap seluruh masyarakat PPU agar menggunakan hak pilihnya sehingga angka golput dapat ditekan seminimal mungkin. Menurut dia, dengan tingginya angka partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya, maka pelaksanaan Pemilukada di PPU dapat dikatakan sukses.
“Saya lihat masyarakat disini begitu antusias untuk mengikuti Pemilukada kali ini. Makin banyak yang menggunakan hak pilih maka Pemilukada kita semakin berkualitas. Dan mudah-mudahan Golput dapat ditekan sekecil mungkin. Sehingga masyarakat PPU benar-benar mendapatkan pemimpin idealnya selama lima tahun kedepan,” harapnya.
Selain itu, kepada aparat daerah, Gubernur berpesan agar tetap bersifat netral, baik dalam Pemilukada maupun Pemilu Legislatif dan Presiden. Karena, tugas dari aparat daerah membantu bagaimana KPU bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, sebagai contoh misalnya e-KTP dan memberikan DP4 kepada KPU.
“Itu kewajiban kami untuk mendukung, begitu juga TNI dan Polri harus netral,” pesannya.
Sementara, kepada ketiga pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni nomor urut 1 Andi Harahap-Sutiman, nomor urut 2 Yusran Aspar-Mustaqim dan nomor urut 3 Sandra Puspa Dewi-Harimuddin Rasyid, Gubernur berpesan agar tetap bersatu dan menyerahkan kepada masyarakat untuk memilih pemimpinnya.
“Mari kita serahkan kepada rakyat pemilih. Pemilih lah yang menentukan pemimpin daerahnya selama lima tahun kedepan. Apapun hasilnya tetap lah kompak dan bersatu untuk membangun PPU menjadi lebih baik,” harapnya.
Diketahui, total jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada PPU adalah 117.856 jiwa. Dengan jumlah TPS sebanyak 285 buah yang tersebar di empat kecamatan, yakni Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku. (her/hmsprov).

/////Foto : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Ketua KPU Kaltim Andi Sunandar dan Kapolda Kaltim Irjen Pol Anas Yusuf mengunjungi salah satu TPS pada Pemilukada Kabupaten PPU. (heru/humasprov kaltim)  


 

Berita Terkait