Gubernur Kaltim Hadir Rakornas Investasi 2020

Foto : Kyky Al-Hinduan

JAKARTA - Gubernur Kalimantan Timur Dr H Isran Noor menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 di The Ritz Carlton, Pacific Place, SCBD Jakarta, Kamis (20/2/2020).

.

Kegiatan yang diselenggarakan Badan Koordinasi Penanaman Modal Republik Indonesia (BKPM RI) ini mengangkat tema "Investasi untuk Indonesia Maju".

.

Rakornas ini dibuka Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tepat pukul 09.00 WIB, membahas permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh daerah. Sekaligus upaya memfasilitasi investasi di daerah yang bersangkutan. Sehingga masalah investasi yang spesifik di daerah itu bisa dicarikan solusi.

.

Presiden Jokowi mengklaim bahwa minat investasi ke Indonesia nilainya menembus Rp1.600 triliun. Namun, dia menyesalkan minat investasi itu tidak diurus dengan baik. Padahal pemerintah berupaya membuka lebar peluang investasi agar terbuka lapangan pekerjaan lebih banyak. Mengingat masih ada 7 juta masyarakat Indonesia yang menganggur.

.

Melihat permasalahan itu, Presiden Jokowi meminta seluruh kepala daerah dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dapat membantu menyelesaikan persoalan investasi di lapangan. Jika seluruh minat investasi itu digarap, Presiden yakin investasi asing akan banyak masuk ke Indonesia.

.

Menanggapi arahan Presiden Jokowi, Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor meminta semua pihak khususnya di Kaltim agar mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki undang-undang sehingga tidak menghambat investasi.

.

“Dengan rakornas ini bisa menambah pengetahuan bagaimana kemudahan berinvestasi di Indonesia khususnya Kalimantan Timur. Dan semua pihak bisa mendukung upaya pemerintah untuk memperbaiki undang-undang dengan omnibus law itu,” ujar Isran. 

.

“Saya yakin undang-undang yang ada sebelumnya akan dikombinasikan dengan baik agar tidak lagi menghambat investasi.” lanjutnya.

.

Rakornas juga dihadiri pejabat pemerintah pusat, gubernur, bupati/walikota, sekretaris daerah serta Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia.

.

Rakornas menghadirkan narasumber Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Dalam Negeri, Menteri Koperasi dan UKM, Menteri BUMN, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan Jaksa Agung. (ky/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait