Gubernur Kaltim Menerima Penghargaan

Gelar TTGN XVI Kaltim

SAMARINDA – Perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) XVI Tahun 2014 di Stadion Madya Sempaja Samarinda yang akan dibuka Wakil Presiden (Wapres) Boediono, Kamis (19/6) hari ini akan dirangkai dengan penyerahan sejumlah penghargaan.

Salah satu penerima penghargaan yang akan diserahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi adalah Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak yang dinilai memiliki komitmen dan kepedulian tinggi terhadap pengembangan Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek).

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim HM Jauhar Effendi, Gubernur Awang Faroek Ishak menunjukkan komitmen tinggi mendukung dan mengapresiasi kegiatan Teknologi Tepat Guna (TTG) di daerah ini.

Diantaranya, dengan memberikan penghargaan berupa hadiah Rp300 juta bagi Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) Kecamatan yang menjadi UPK Terbaik Tingkat Kabupaten termasuk di dalamnya kategori pengembangan Posyantek. Kemudian hadiah masing-masing Rp220 juta dan Rp200 juta bagi juara kedua dan ketiga.

“Komitmen Pemprov jelas dan sangat tinggi terhadap kegiatan UPK di setiap kecamatan dimana di dalamnya terdapat pengembangan Posyantek,” ungkap Jauhar Effendi.

Hadiah dari Pemprov Kaltim itu sangat besar manfaatnya terutama bagi UPK di masing-masing kecamatan. Dana itu dapat digunakan untuk pembangunan Sekretariat UPK guna menunjang kegiatan administrasi dan usaha.

Dijelaskan TTG sangat akrab dengan masyarakat pedesaan yang sederhana dan ramah lingkungan. Apabila dimanfaatkan dengan baik, akan diperoleh hasil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

TTG dikembangkan secara tradisional dan proses pengenalannya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan dan mata pencaharian pokok masyarakat setempat. Sebelum menggunakan TTG,  terlebih dulu dilakukan penerapan dari TTG tersebut kepada masyarakat.

Selanjutnya mampu menggunakan TTG sebaik mungkin, sehingga bermanfaat bagi masyarakat terutama dapat memenuhi kebutuhan individu atau masyarakat  yang semakin semakin meningkat.

“Karenanya, Gubernur Awang Faroek Ishak sangat berkomitmen untuk mendukung kegiatan TTG di daerah, terutama yang berkaitan dengan pengembangan usaha yang masyarakat pedesaan di sektor pertanian dalam arti luas,” demikian Jauhar Efendi.. (yans/sul//es/hmsprov)

 

////FOTO :  H Awang Faroek Ishak

Berita Terkait