Gubernur: Kaltim Siap Jadi Tuan Rumah

Pekan Lingkungan Hidup Indonesia 2015

SAMARINDA – Jajaran Kementerian Lingkungan Hidup (LH) yang dipimpin Deputi bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Ilyas Asaad melakukan kunjungan kerja ke Pemprov Kaltim. Rombongan diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Rusmadi dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim Riza Indra Riyadi, Rabu (1/10).

Maksud kunjungan kerja ini, selain untuk bersilaturahmi dengan gubernur dan jajaran Pemprov Kaltim, sekaligus juga menawarkan kepada Kaltim untuk menjadi tuan rumah Pekan Lingkungan Hidup Indonesia (PLHI) 2015 yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun  mendatang.

“Kita menyambut baik tawaran ini dan sangat siap untuk menjadi tuan rumah. Terima kasih atas apresiasi dari Kementerian LH karena memberikan kepercayaan kepada Kaltim untuk menjadi tuan rumah PLHI 2015. Kita siap membantu,” kata Gubernur Awang Faroek Ishak usai pertemuan.

Awang Faroek menjelaskan Pemprov Kaltim sangat berkomitmen terkait pembangunan lingkungan hidup. Terlebih dirinya sangat akrab dengan lingkungan hidup. Sejak menjadi anggota Komisi X DPR RI, dimana Kementerian LH merupakan  mitra kerja Komisi X. Saat itu, ujar dia, bersama Komisi X telah menyelesaikan Undang Undang (UU) Nomor 23/1997 tentang Pengelolaan LH. Kemudian UU tentang Tata Ruang dan Ketenaganukliran.

“Sekembalinya dari Jakarta sebagai anggota DPR, di Kaltim saya dipercaya sebagai kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) Kaltim. Jadi hingga sekarang komitmen terhadap lingkungan tetap nomor satu,” jelasnya.

Salah satu bukti komitmen yang disampaikan adalah terkait inisiatif untuk mengurangi degradasi lingkungan akibat maraknya kegiatan usaha pertambangan dan lainnya. Kaltim merupakan provinsi di Indonesia yang berani melakukan moratorium perijinan untuk sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan.

“Hal ini kita lakukan untuk menata kembali perijinan yang telah diterbitkan oleh kabupaten/kota. Sehingga tidak ada lagi kasus tumpang tindih lahan ataupun eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan sehingga mengakibatkan rusaknya lingkungan hidup,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Pemprov melalui BLH Kaltim terus melakukan kontrol dan pengawasan terhadap tingkat kepatuhan perusahaan-perusahaan terhadap aspek lingkungan hidup. Perusahaan dari berbagai sektor, yakni batu bara, industri, jasa, minyak dan gas bumi (migas) dan manufaktur, termasuk industri minyak kelapa sawit, hutan alam dan hutan tanaman wajib mengikuti program penilaian peringkat kinerja perusahaan/kegiatan usaha (Proper).

“Dengan Proper ini kita ingin semua perusahaan di berbagai sektor dapat menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup untuk kelangsungan generasi penerus kita di masa mendatang. Kabupaten/kota juga kita dorong untuk melakukan pelestarian lingkungan dengan program terobosannya. Daerah yang sukses pembangunannya di bidang lingkungan akan kita berikan panji keberhasilan pada setiap peringatan HUT Provinsi Kaltim,” urainya.

Sementara itu, Deputi bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Ilyas Asaad mengatakan Pekan Lingkungan Hidup Indonesia merupakan program rutin tahunan dari Kementerian LH guna mendekatkan program-program berkaitan dengan lingkungan kepada masyarakat.

“Kaltim dipilih karena berkomitmen terhadap pembangunan lingkungan hidup. Sangat banyak kegiatan yang dilaksanakan nantinya, mulai dari seminar, bedah lingkungan, pameran hingga gowes bareng dan lainnya. Hal ini ditujukan agar ada interaksi masyarakat terkait dengan lingkungan, sehingga mereka mengerti tentang pengelolaan lingkungan hidup,” katanya. (her/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (lima dari kanan) dan Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Rusmadi (empat dari kiri) dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim Riza Indra Riyadi (dua dari kiri) bersama jajaran Kementerian LH yang dipimpin Deputi bidang Komunikasi Lingkungan dan Pemberdayaan Masyarakat Ilyas Asaad (empat dari kanan).(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait
Rencana Investasi Kaltim Rp472 Triliun
Rencana Investasi Kaltim Rp472 Triliun

19 November 2018 Jam 20:46:51
Investasi

Berita foto
Berita foto

26 September 2015 Jam 00:00:00
Investasi

Investor China Tertarik Ubi Kayu
Investor China Tertarik Ubi Kayu

26 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Investasi

Kukar PMDN Terbesar, Kutim Terbesar PMA
Kukar PMDN Terbesar, Kutim Terbesar PMA

25 November 2017 Jam 13:41:59
Investasi

Government Public Relation