Gubernur: Keamanan Berperan untuk Kesejahteraan Rakyat

* Rapim Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim

BALIKPAPAN – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak memberikan pembekalan pada Rapat Pimpinan (Rapim) Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman Tahun 2013 yang dihadiri seluruh jajaran pimpinan TNI Angkatan Darat di Kaltim.  Pada hari yang sama, Gubernur juga memberikan paparan pada jajaran Polda Kaltim.


“Urusan security (keamanan) merupakan tanggungjawab TNI beserta seluruh jajaran, sedangkan penyelenggaraan pemerintahan khususnya mewujudkan kesejahteraan (prosperity) merupakan tanggungjawab kami. Tetapi keduanya harus berjalan secara bersama dan ini merupakan tanggungjawab kita semua untuk mewujudkannya,” papar Awang Faroek.


Sementara itu, pada paparan di Polda Kaltim Gubernur antara lain menyinggung tentang Pemilukada Gubernur Kaltim 2013 dan Pemilu Anggota Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.


”Setiap Pemilukada berpotensi menimbulkan konflik, karena itu agar penyeleng-garaan Pemilukada berlangsung dengan sukses, harus dibarengi dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif. Di sinilah peran penting Polri sebagai pengemban fungsi pemerintahan yang bertugas sebagai pelindung, pengayom, pelayan masyarakat, untuk bertanggung jawab dalam mengawal pelaksanaan Pilkada agar berjalan dengan damai dan tertib,” katanya.


Menurut Awang, tidak mungkin pemerintah dapat melaksanakan dan menyukseskan pembangunan sekaligus menyelenggarakan pemerintahan dengan baik tanpa adanya jaminan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat. Karena itulah lanjut gubernur, peran dan  dukungan TNI dan Polri sangat strategis sehingga pemerintah dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik sementara masyarakat bisa nyaman melaksanakan aktivitas sehari-hari.


Dipaparkan, program pembangunan di Kaltim sangat tinggi bahkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui bahwa Kaltim bukanlah raksasa yang tidur tetapi merupakan daerah yang sudah berlari sangat kencang.


Kaltim juga merupakan satu-satunya daerah di Indonesia yang telah melaksanakan penandatanganan fakta integritas secara bersama-sama dan didukung Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Kajati, Kapolda, Pangdan, Ketua Pengadilan Tinggi dan Ketua DPRD Kaltim) serta seluruh kepala daerah baik Bupati/Walikota beserta Ketua DPRD kabupaten/kota.


“Sesuai komitmen kita semua untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berwibawa melalui penandatangan fakta integritas guna mencapai Islan of Integrity (Wilayah  Bebas Korupsi). Tentunya tekad ini tidak akan terwujud tanpa dukungan TNI,” ungkapnya.


Pemprov juga telah memberikan dukungan atas kegiatan maupun operasional yang dilakukan TNI di daerah. Misalnya, dukungan pengadaan tanah untuk pembangunan sarana dan prasarana TNI termasuk dukungan pengadaan alat tranportasi berupa helikopter.


“Pembangunan tiga bandara di wilayah perbatasan Kaltim merupakan kerjasama yang sangat strategis antara Pemprov dengan Zeni Tempur TNI AD. Selanjutnya kita akan membangun jalan, jembatan bahkan menara telekomunikasi bagi saudara-saudara kita yang selama ini dianggap terisolasi dan tertinggal dari segala hal,” ujarnya.


Awang Faroek menambahkan pembangunan ditujukan untuk menyejahterakan masyarakat, tapi ini akan terwujud apabila TNI dan Polri ikut berperan, ”Inilah yang saya maksudkan prosperity dan security harus berjalan bersama-sama,” jelas Awang Faroek.


Rakor Kodam VI Mulawarman Tahun 2013 dipimpin Pangdan VI Mulawarman, Mayjend TNI Dicky Wainal Usman, S.IP, M.Si dan dihadiri Komandan Resort Militer 091 Aji Suryanata Kesuma dan Korem 101 Antasari Kalsel serta diikuti 100 peserta terdiri dari Asisten Kodam, Kabalak Kodam, Komandan Kodim dan Komandan Batalyon se-Kaltim dan se-Kalsel. Sedangkan Rapim Polda dihadiri Kapolda Kaltim Irjen Pol Anas Yusuf beserta seluruh Kapolres dan Kapolsek se-Kaltim. (yans/hmsprov)

//Foto: TANGGUNG JAWAB BERSAMA. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak didampingi Pangdan VI Mulawarman, Mayjend TNI Dicky Wainal Usman pada Rapim Kodam VI Mulawarman. (masdiansyah/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait