Gubernur: Kemajuan Sektor Pertanian Tanggungjawab Kita Semua

Penutupan Peda-KTNA VIII Kaltim 2013


SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan sukses  pembangunan sektor pertanian dalam arti luas bisa diwujudkan dengan dukungan semua pihak, pemerintah daerah, DPRD, petani, pekebun, nelayan dan peternak. Majunya pertanian Kaltim membutuhkan kebersamaan semua pihak.
“Tekad untuk memajukan dunia pertanian harus  menjadi tanggunggjawab kita bersama. Kemandirian pangan sudah saatnya kita wujudkan. Melalui Peda- KTNA ini  saya harap motivasi para petani, peternak, nelayan dan masyarakat pertanian di daerah ini semakin meningkat,” kata Awang Faroek Ishak saat menutup Pekan Daerah Kontak Tani dan Nelayan Andalan (Peda-KTNA) VIII Kaltim di GOR Serbaguna Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda, Senin (10/6).
Di depan ribuan petani dan nelayan, Gubernur Awang Faroek mengungkapkan, kunci utama sukses pembangunan pertanian dalam arti luas adalah kebersamaan dalam perjuangan dan gerakan dalam keberpihakan terhadap petani dan nelayan. Tujuan akhirnya adalah meningkatnya kesejahteraan rakyat, termasuk petani dan nelayan di Kaltim.
Awang juga berharap ada evaluasi di internal petani, melalui KTNA, termasuk juga jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)  yang menangani pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kelautan. Evaluasi ini penting untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di masing-masing daerah.  
Selain itu, dukungan para bupati dan walikota di masing-masing daerah juga sangat diharapkan. Hal ini perlu dilakukan untuk akselerasi pembangunan sektor pertanian yang lebih baik di daerah.  
Sementara itu, Ketua Harian Peda-KTNA VIII Kaltim H Fuad Asaddin berharap melalui pelaksanaan ini terbangun motivasi petani nelayan dan masyarakat pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan yang saling menguntungkan, serta menumbuh kembangkan minat generasi muda pada bidang pertanian, kelautan, perikanan dan kehutanan.  
“Kami berharap melalui kegiatan ini ada peningkatan kepemimpinan dan kemandirian KTNA dan masyarakat kawasan hutan selaku pelaku utama pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan,” jelasnya.
Di akhir acara penutupan, Gubernur Awang Faroek Ishak menyerahkan Piala Bergilir kepada Kabupaten Bulungan yang menjadi Juara Umum Peda-KTNA VIII 2013. (jay/hmsprov).

////Foto : H Awang Faroek Ishak


 

Berita Terkait