Gubernur: Kembangkan dan Lestarikan Seni Budaya Kaltim

Grand Final Festival Budaya Lamin Etam 2014

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI) Kaltim agar dapat terus berkembang dengan baik, seiring dengan kemajuan jaman dan teknologi. Khususnya dalam memberikan informasi pembangunan kepada masyarakat.
“Selamat ulang tahun ke-21 untuk TVRI Kaltim. Sebagai media semoga dapat terus menjadi mitra dari pemerintah dalam memberikan informasi pembangunan daerah kepada publik,” kata Awang Faroek pada Grand Final Festival Budaya Lamin Etam 2014, di Pendopo Lamin Etam Samarinda, Sabtu (18/1) malam.
Posisi TVRI Kaltim, menurut dia, berperan strategis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, karena siarannya sudah menjangkau hampir di seluruh wilayah Kaltim. Hanya beberapa daerah yang masih blank spot. Untuk itu, Awang Faroek berharap TVRI Pusat dapat menambah beberapa pemancar lagi untuk Kaltim.
“Saat ini dibeberapa wilayah Nunukan dan Malinau sudah bisa menangkap siaran TVRI. Dengan adanya penambahan pemancar, diharapkan tidak ada lagi daerah-daerah baik diperbatasan maupun pedalaman yang tidak dapat menangkap siaran TVRI,” jelasnya.
Terkait pelaksanaan Festival Budaya Lamin Etam garapan TVRI Kaltim, Awang Faroek menilai pelaksanaannya sesuai dengan program Pemprov dalam upaya mengembangkan dan mempromosikan serta melestarikan seni dan budaya khas Kaltim. Karena, lanjut dia, Pemprov juga sedang giatnya mempromosikan pariwisata Kaltim, termasuk didalamnya seni dan budaya.
“Kita sudah mencanangkan Tahun Kunjungan Wisata Kaltim sejak beberapa tahun lalu. Ada sekitar 24 daerah yang kita perkenalkan objek wisatanya. Dengan adanya Festival Budaya Lamin Etam ini TVRI juga turut mengembangkan seni dan budaya asli Kaltim, serta dapat menarik kunjungan wisatawan ke Kaltim, dengan melihat penampilan para pesertanya,” ujarnya.
Ke depan, Awang Faroek berharap Festival Budaya Lamin Etam tidak hanya dilaksanakan untuk tingkat Kaltim saja, tetapi antar provinsi di Pulau Kalimantan. Lima provinsi yang ada bisa bekerjasama untuk acara ini dan untuk host nya bisa bergantian di ibukota provinsi masing-masing.
“Jadi tidak hanya tingkat Kaltim, melainkan tingkat Borneo. Mari kita tingkatkan kerjasama. Terima kasih kepada TVRI Kaltim yang selama ini telah mendukung pemerintah daerah dalam pelaksanaan program pembangunan. Dan saya siap memberikan dukungan kepada LPP TVRI,” pungkasnya.
Turut hadir pada kesempatan itu, Dewan Pengawas LPP TVRI Ahmad Sofyan, Kepala Stasiun TVRI Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Palu dan Kendari. Untuk lomba yang dipertandingkan diantaranya tari jepen, band dan vokal. (her/hmsprov)


 

Berita Terkait