Gubernur: Kesejahteraan Atlet Harus Terus Diperhatikan

Silaturrahmi Gubernur dengan Atlet dan Pelatih Pelatnas Sea Games

JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap di masa-masa mendatang kesejahteraan atlet, pelatih dan pengurus cabang olahraga akan lebih diperhatikan. Perhatian ini diharapkan berimbas pada motivasi besar terhadap atlet dan pelatih serta pengurus untuk meraih prestasi di level nasional maupun internasional.    
Gubernur menyebutkan, bagi atlet-atlet yang berprestasi cukup layak jika diberi penghargaan, termasuk dibangunkan rumah, sehingga dapat memberikan motivasi agar lebih maju dan berprestasi lebih baik.
“Penghargaan berupa uang selalu kita berikan. Nantinya Pemprov Kaltim akan  memberikan penghargaan dalam bentuk pembangunan perumahan bagi atlet yang betul-betul berprestasi,” kata Awang Faroek Ishak usai silaturrahmi bersama atlet asal Kaltim yang masuk Pelatnas Sea Games Myanmar 2013 di Jakarta, Senin malam (7/10).
Keinginan ini seharusnya lanjut Awang, bukan hanya sekedar janji.  Sebab atlet berprestasi yang telah berjasa membawa nama baik daerah dan negara di tingkat nasional dan internasional memang layak mendapat penghargaan tersebut.  
Selain penghargaan untuk pembangunan perumahan. Pemprov Kaltim juga mendukung KONI Kaltim untuk meningkatkan kualitas akademik atlet, yakni dengan kerjasama antara KONI Kaltim dan Unmul serta Universitas 17 Agustus 1945 Samarinda.  
“Penghargaan ini diberikan agar atlet Kaltim dapat melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, setelah lulus dari jenjang SMA.  Para atlet juga dapat memanfaatkan  beasiswa Kaltim Cemerlang untuk melanjutkan pendidikan,” jelasnya.  
Bukan hanya itu, guna mensejahterakan atlet, Awang berharap para atlet berprestasi juga bisa diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) daerah. Atau opsi lainnya, yakni menjadi pegawai perusahaan daerah (Perusda) atau Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kaltim.    
Sementara itu, Ketua KONI Kaltim Dr H Zuhdi Yahya berharap atlet Kaltim diharapkan dapat bersyukur atas penghargaan yang diberikan Pemprov Kaltim, mulai dari beasiswa pendidikan, jaminan pekerjaan dan perumahan.   
“Karena itu, saya berharap penghargaan ini betul-betul diapresiasi, yakni dengan prestasi yang membanggakan dan akhirnya atlet akan lebih sejahtera,” jelasnya.
Zuhdi mengatakan, atlet dan pelatih Kaltim yang masuk dalam Sea Games 2013 di Myanmar sebanyak 58 orang, terdiri dari 53 atlet dan 5 pelatih dari 15 cabang olahraga, yakni taekwondo, atletik, wushu, tinju, gulat, angkat besi, kempo, catur, layar, balap sepeda, sepakbola, hockey, basket dan Muaythai.
Hadir dalam silaturrahmi Gubernur Kaltim dengan atlet dan pelatih Sea Games asal Kaltim, yakni Anggota DPRD Kaltim Encek Widyani dan Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kaltim H Bere Ali.(jay/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama dengan atlet asal Kaltim yang masuk Pelatnas Sea Games tahun ini di Myanmar. (norjaya/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation