Kalimantan Timur
Gubernur Kirim Bantuan untuk Korban Banjir Kutim dan Berau

Foto: riyandi/humaskaltim

Gubernur Kaltim H Isran Noor melepas keberangkatan pengiriman bantuan logistik untuk korban banjir di Kutai Timur dan Berau. Bantuan berupa bahan pokok penting, tenda dan peralatan dapur. 

“Sama-sama merasakan apa yang diderita oleh saudara-saudara kita korban bencana di Kutai Timur dan Berau. Maka segera kita kirimkan bantuan ke sana,” kata Gubernur Isran Noor saat melepas keberangkatan bantuan Pemprov Kaltim ke Kutai Timur dan Berau di teras Kantor Gubernur, Selasa (25/5/2021). 

Gubernur sangat  berharap bantuan ini bisa meringankan korban bencana banjir di dua kabupaten di Kaltim itu. Bantuan setidaknya dapat meringankan beban warga terdampak bencana. 

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pengiriman bantuan ini. Semoga tersalur tepat kepada warga yang benar-benar membutuhkan,” harap Gubernur.

Bantuan logistik yang dikirim kali ini bersumber dari dana APBN yang diterima daerah dalam bentuk barang dan ditampung menjadi buffer stock. Bantuan APBN itu diterima dalam bentuk barang, bukan uang.

Selain bantuan dari APBN, Pemprov Kaltim juga akan segera mengirimkan bantuan kepada para korban banjir dalam bentuk 1000 paket bantuan yang nilainya sekitar Rp300 juta hingga Rp400 juta, bersumber dari APBD.

“Karena ini dananya besar, maka harus dilelang. Mudahan segera bisa selesai dan segera dikirim untuk membantu meringankan beban korban bencana,” tutup Isran.  

Bantuan lain yang hari ini dikirimkan berupa pakaian sekolah. Kepala Dinas Sosial Kaltim Agus Hari Kesuma yang mendampingi Gubernur Isran Noor menjelaskan bantuan dikirim sesuai permintaan yang diajukan masing-masing kabupaten, karena mereka yang lebih mengetahui barang apa saja yang dibutuhkan korban banjir. 

“Bahan kebutuhan yang kita kirim beragam. Dasar pengiriman bantuan berdasarkan permintaan kabupaten. Alhamdulillah buffer stock kita masih aman,” ucap Agus. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation