Gubernur: Komitmen Menjadi Terbaik di Luar Pulau Jawa Ditingkatkan

KONI dan Dispora Kaltim Jalin Kerjasama

 

SAMARINDA- Melalui penandatanganan kerjasama antara KONI Kaltim dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim yang disaksikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, diharapkan komitmen menjadi terbaik di luar Pulau Jawa tetap dipertahankan, bahkan harus ditingkatkan.

Hal ini ditegaskan Awang Faroek Ishak usai menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) KONI Kaltim dengan Dispora Kaltim tentang pembinaan dan peningkatan prestasi atlet serta pemanfaatan asset eks PON 2008 Kaltim di Ruang Kerja Gubernur Kaltim, Selasa (9/9).

Karena itu, untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut, perlu persiapan maksimal, terutama jajaran KONI Kaltim sebagai wadah pembinaan atlet untuk menciptakan prestasi terbaik.

“Yang jelas saya sangat berharap Kaltim bisa mempertahankan prestasi olahraga daerah ini di tingkat nasional, yakni pada PON yang akan datang di Jawa Barat. Karena itu, persiapan untuk menuju pelaksanaan itu harus jauh-jauh hari dilakukan,” kata Awang Faroek Ishak.

Meski demikian, untuk menyukseskan harapan itu, semua pihak dapat bersama-sama saling mendukung, dengan menyukseskan beberapa penyelenggaraan olahraga tingkat provinsi dan nasional, antara lain Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim dan PON Remaja, serta Pra PON 2015.

Diakuinya asset eks PON di Kaltim sangat banyak. Tetapi, tetapi ada regulasi tentang penggunaan yang harus ditaati, hal ini harus disikapi dengan baik. Termasuk mengenai Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang penggunaan asset tersebut.

Mewujudkan penataan dan pemanfaatan asset yang baik, KONI Kaltim dan Dispora Kaltim dapat saling koordinasi, sehingga pemanfaatan ini dapat mendukung kesuksesan prestasi atlet di masa  datang.

“Saya berharap semua asset dapat diatur dengan baik. Dengan tujuan untuk mendukung peningkatan kualitas kemampuan atlet di daerah. Jangan sampai, asset semua ada, tetapi semua cabang olahraga tidak dapat menggunakan. Apalagi, menggunakan itu harus bayar. Tetapi, saya berharap hal ini dapat diselesaikan dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kadispora Kaltim H Fachruddin Jafrie berharap dengan MoU tersebut mampu mendukung dan memudahkan KONI Kaltim untuk mewujudkan peningkatan prestasi atlet di tingkat nasional maupun internasional.

“Ini trobosan baik bagi Pemprov dengan KONI Kaltim, sehingga pembinaan atlet untuk meningkatkan prestasi dapat terwujud, apalagi kita tengah mempersiapkan diri untuk menuju PON IXX 2016 di Jawa Barat,” jelasnya.

Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya mengatakan melalui MoU ini merupakan trobosan baru bagi KONI Kaltim dalam meningkatkan prestasi atlet di daerah. Karena itu, diharapkan adanya koordinasi yang baik antara Pemprov dengan KONI Kaltim.

“Dengan demikian komunikasi antara pemerintah dengan KONI Kaltim dapat lebih baik hingga lima tahun ke depan. Apa yang menjadi rencana KONI Kaltim diharapkan dapat terwujud,” jelasnya.(jay/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (tengah) menyaksikan penandatangan MoU oleh Ketua KONI Kaltim Zuhdi Yahya (kiri) dan Kepala Dispora Kaltim Fachruddin Jafrie.(fajar/humasprov)

 

Berita Terkait