Gubernur: Kualitas Pendidikan Sudah Meningkat dan Semakin Merata

Wujudkan Indonesia Emas Melalui Kaltim Cemerlang

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 merupakan momentum untuk membulatkan dan mewujudkan tekad bersama guna menyongsong masa depan pendidikan dan peradaban Indonesia yang unggul, khususnya di daerah ini.

“Indonesia emas akan terwujud nantinya dimana diharapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, tidak hanya pada satu sektor tetapi diberbagai sektor, sehingga peradaban yang unggul itu juga akan tercapai,” ungkap Awang Faroek pada Apel Peringatan Hardiknas 2014 tingkat provinsi, di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (2/5).

Menurut dia, untuk Kaltim, Pemprov sudah mempunyai program sangat bagus dan telah dilaksanakan selama lima tahun terakhir, yaitu Kaltim Cemerlang (Cerdas, Merata dan Prestasi Gemilang). Diketahui, tiga unsur Kaltim Cemerlang mempunyai makna tersendiri yang saling bersinergi dengan tujuan meningkatkan kualitas dan pemerataan pendidikan di Kaltim.

Cerdas mempunyai makna terciptanya masyarakat Kaltim yang berakhlak mulia, cerdas, terampil dan berdaya saing tinggi. Konsep ini pada dasarnya memiliki arti luas dalam peningkatan mutu dan relevansi pendidikan. Implementasi dari konsep ini dituangkan dalam rencana sejumlah kegiatan yang berorientasi pada pengembangan sistem pendidikan, peningkatan mutu, dan relevansi pendidikan.

Merata, memiliki makna pendidikan yang berkeadilan, berpihak pada rakyat kecil, merata bagi seluruh masyarakat dan bertujuan untuk menyejahterakan tenaga kependidikan.

Sedangkan Prestasi Gemilang memiliki arti lebih luas, yakni menghasilkan prestasi gemilang, mampu menjawab tantangan masa depan, sesuai dengan keperluan daerah, regional, nasional bahkan internasional.

“Sejak dijalankannya program Kaltim Cemerlang pada 2009 lalu, pendidikan di Kaltim sudah bisa menunjukkan berbagai kemajuan, diantaranya angka partisipasi kasar (APK) di berbagai jenjang pendidikan terus meningkat. Demikian juga untuk indeks pembangunan manusia (IPM) menempati peringkat kelima dari 33 provinsi. Dan kita harapkan akan terus meningkat,” jelasnya.

Awang Faroek menegaskan Pemprov akan terus berupaya meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru. Sama halnya untuk pemberian beasiswa, dimana pada 2014 sudah mulai memberikan beasiswa Kaltim Cemerlang kepada sekitar 50.000 putra putri Kaltim dan Kaltara, baik diwilayah perkotaan maupun perdesaan, wilayah pedalaman, perbatasan dan terpencil. Tanpa membeda-bedakan siapa penerima beasiswa tersebut.

“Jadi mulai tahun 2014 ini kita sudah memberikan 50 ribu beasiswa setiap tahunnya, dengan harapan pada 2018 ada sekitar 250 ribu orang yang menerima beasiswa. Ini merupakan investasi jangka panjang di sektor pendidikan, untuk terwujudnya pendidikan yang merata diseluruh wilayah Kaltim, dan tentunya mencetak SDM unggul, andal dan berkualitas,” tegasnya.

Awang Faroek mengimbau kepada semua pemangku kepentingan di sektor pendidikan, apakah pimpinan perguruan tinggi, sekolah, yayasan pendidikan, termasuk LSM, agar dapat bahu membahu bekerjasama melakukan sinergitas untuk membangun pendidikan Kaltim yang lebih berkualitas dan merata.

“Dalam rembuk pendidikan beberapa waktu lalu, kita sudah mendapatkan berbagai masukan yang berharga untuk memperbaiki pelaksanaan pendidikan di Kaltim, guna mencapai pemerataan dan kualitas pendidikan yang terbaik. Untuk itu, sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan menjadi harapan kita bersama untuk mewujudkannya,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi Wagub HM Mukmin Faisyal dan Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim menyerahkan penghargaan dalam rangka Hardiknas 2014. Penghargaan yang diberikan diantaranya lomba sekolah sehat kabupaten/kota se Kaltim 2013,  lomba sekolah sehat tingkat kecamatan. Penghargaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) berprestasi.

Kemudian, juga diserahkan penghargaan kepada pemenang festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi, beasiswa kepada tutor PAUD S1 dan S2, bantuan pendidikan kecakapan hidup 2014 dan beasiswa BPJS Ketenagakerjaan. (her/sul/es/hmsprov)

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menyerahkan hadiah kepada sejumlah pemenang festival dan lomba seni siswa se Kaltim memperingati Hardiknas.(syaiful/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation