Gubernur Kunker Lagi ke Sangkulirang Kutim

Gubernur Awang Faroek memimpin rapat persiapan jelang kunjungan kerja ke Sangkulirang. (SENO/HUMASPROV)

 

SAMARINDA- Gubernur Kaltim  Dr H Awang Faroek Ishak bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan kembali melakukan kunjungan kerja (kunker)  ke  Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur, 18 April mendatang. Kunjungan Gubernur Awang Faroek dalam rangka melihat langsung perkembangan pembangunan khususnya sektor kehutanan dan perkebunan. Persiapan kunker dibahas dalam rapat yang  dipimpin Gubernur Awang Faroek Ishak didampingi  Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setdaprov Kaltim H Ichwansyah. Hadir sejumlah pimpinan OPD  lingkup Pemprov Kaltim. Rapat berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Senin (12/3).

 

Rencana kunker diawali ke Desa Lolokan, kemudian Desa Mandu Dalam, Desa Tepian Terap, dan Desa Pelawan. Di kecamatan tersebut banyak terdapat perusahaan kehutanan khususnya hutan  tanaman industri (HTI) karet dan kelapa sawit. "Mereka mengundang saya untuk menyaksikan berbagai kemajuan dari pembangunan HTI karet maupun HTI kepala sawit. Selain itu nantinya akan diserahkan sertifikat plasma kepada masyarakat, dari perusahaan-perusahaan HTI karet maupun HTI kepala sawit," kata Awang.  

 

Selain itu, Gubernur Awang Faroek  juga akan menyaksikan penandatangan  memorandum of understanding (MoU) tentang kemitraan kehutanan  antara masyarakat dengan 8 perusahaan  baik hutan alam maupun HTI karet, termasuk kegiatan penanaman pohon di sekitar SMK Tridaya  Harapan, sekaligus meresmikan asrama putra-putri dan perpustakaan di SMK tersebut. 

 

Sementara dari sektor perkebunan akan melakukan panen perdana kelapa sawit serta penanaman di kebun mitra/plasma yang bermitra dengan PT Tanjung Manis Artha Lestari. Selanjutnya akan dilakukan penyerahan dan penandantangan antara kerja sama kemitraan antara kebun plasma dengan PT Tanjung Manis Artha Lestari maupun dengan perusahaan di sekitarnya. "Oleh karena itu, gubernur meminta agar Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan maupun dinas terkait untuk terus berkoordinasi dan segera turun ke lapangan untuk memastikan terkait rangkaian kegiatan yang akan dilakukan nanti, supaya lebih  mantap," pesan Awang Faroek yang rencananya akan datang bersama Pangdam VI Mulawarman, Kapolda dan Kejati Kaltim. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait