Kalimantan Timur
Gubernur: Laksanakan Tugas Dengan Baik

Masa Jabatan Pj Gubernur Kaltara diperpanjang

JAKARTA–Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan diperpanjangnya masa jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Kalimatan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie berdasarkan Surat Keputusan (SK) Presiden, tidak lepas dari keberhasilannya memimpin Kaltara satu tahun terakhir.

Demikian disampaikan Gubernur Awang Faroek usai menerima SK perpanjangan masa jabatan Pj Gubernur Kaltara dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan, yang kemudian diserahkan kepada Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie di Kantor Ditjen Otda Kemendagri, Kamis (17/4).

“Saya bersyukur selama ini Pak Irianto dinilai oleh Kementerian Dalam Negeri telah mampu melaksanakan tugas dengan baik membentuk SKPD pemerintahan Kaltara dengan baik. Tugas utama kedepan adalah menyiapkan terbentuknya DPRD Kaltara berdasarkan hasil pemilu tahun ini dan selanjutnya menyiapkan pemilihan gubernur definitif,” kata Awang Faroek

 Penilaian tersebut, ujar dia, dilakukan oleh gubernur dan Kemendagri sejak setahun lalu dimana Pj Gubernur Kaltara dilantik. Sehingga apa saja yang telah dilakukan dalam setahun terakhir mendapatkan apresiasi dan menjadi alasan untuk kembali mengajukan Irianto Lambrie menjadi Pj Gubernur provinsi ke-34 ini.

“Kemendagri melakukan penilaian, saya juga melakukan penilaian. Jadi dua-duanya. Kalau Pak Irianto berhasil itulah alasan yang kuat untuk diajukan lagi. Dan Pak Irianto telah disetujui untuk diperpanjang masa jabatannya. Jadi laksanakan tugas dengan baik sesuai tugas yang dibebankan oleh Presiden,” ujarnya.

Selain itu, Awang Faroek berharap dukungan penuh dari seluruh bupati/walikota se-Kaltara dan DPRD Kaltim serta seluruh rakyat Kaltara. Karena keberhasilan pembangunan Kaltara merupakan keberhasilan semua pihak dan sesuai tujuan utama dari terbentuknya Kaltara adalah bagaimana menyejahterakan masyarakat Kaltara.

Apalagi, lanjut dia, Kaltara merupakan kawasan strategis nasional dimana ada wilayah perbatasan dan banyak daerah yang masih tertinggal yang harus dibangun infrastrukturnya baik darat dan udara.

“Sekarang kita juga sedang memperjuangkan peningkatan status dari Kecamatan Sebatik menjadi Kota Sebatik. Saat ini sudah masuk dalam 22 RUU yang akan segera dibahas oleh pemerintah dengan DPR yang baru terpilih nanti. Dengan harapan percepatan pembangunan bisa dilaksanakan seiring dengan peningkatan status dari kecamatan menjadi kota,” lanjutnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Gubernur Kaltim atas pertimbangan dan mengusulkan kembali ke Kemendagri dan disetujui oleh Mendagri serta Presiden sehingga terpilih kembali untuk memimpin Kaltara selama setahun kedepan.

“Ini merupakan tugas berat tapi harus saya jalani. Karena ini merupakan kehormatan, tidak saja kepercayaan tetapi juga kehormatan. Maka saya akan menjalankan tugas ini dengan sebaik-baiknya, karena kehormatan dan kepercayaan yang diberikan oleh pemprov melalui Gubernur Awang Faroek Ishak harus saya jaga,” ungkap Irianto.

Untuk melaksanakan tugas selama satu tahun kedepan, Irianto berharap dukungan dan kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat Kaltara, seluruh jajaran pemerintahan, kabupaten/kota, kepala SKPD dan PNS di lingkup Pemprov Kaltara, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Mudahan-mudahan selama menjalani masa tugas satu tahun ini saya bersama keluarga dan semua masyarakat Kaltara diberikan kesehatan. Dan saya akan berusaha untuk tetap amanah,” harapnya.

Selain itu, ujar dia, yang terpenting juga adalah dukungan dari Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak bersama tokoh senior lainnya untuk dapat memberikan nasehat dan mengingatkan jika dalam melaksanakan tugas terjadi kekeliruan. Demikian juga saran maupun kritik konstruktif dari tokoh-tokoh di Kaltara juga sangat diperlukan dalam percepatan pembangunan.

“Saya mengajak untuk kita terus bergandengan tangan untuk menyiapkan Kaltara sebagai provinsi baru sehingga bisa bergerak cepat melakukan perubahan untuk bisa menyejajarkan diri dengan provinsi lain di Indonesia,”

Terkait program satu tahun kedepan, Irianto mengungkapkan tetap akan melaksanakan amanah undang-undang. Satu tahun terakhir telah berhasil menyelesaikan pembentukan organisasi pemerintah daerah yang sudah mampu menyelenggarakan pemerintah dan memberikan pelayanan publik.

Selain itu, kita melaksanakan kegiatan pembangunan apakah itu dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, serta koordinasi baik dengan kabupaten/kota maupun pemerintah pusat. Dalam pembangunan diprioritaskan untuk sektor pendidikan dan kesehatan, serta infrastruktur. 

 “Kita juga sudah melakukan koordinasi, pengawasan, pembinaan kemasyarakatan dan penyelenggaraan pembangunan. Hal itu berkat kerjasama yang baik dari semua pihak, termasuk pelaku usaha di Kaltara,” ungkapnya.

Setelah pemilu selesai penghitungannya, Pemprov Kaltara akan mendorong percepatan pembentukan DPRD Kaltara yang dilanjutkan dengan pembentukan KPUD dan Sekretariatnya. Selanjutnya akan memfasilitasi penyelenggaraan Pemilukada dalam rangka memilih gubernur definitif. (her/sul/hmsprov).

////FOTO : Gubernur Awang Faroek Ishak memberi ucapan selamat kepada Pj Gubernur Kaltara Irianto Lambrie usai menyerahkan SK Pengangkatan Perpanjangan. Irianto Lambrie juga mendapat ucapan selamat dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djohermansyah Djohan. (heru/humasprov)

 

Berita Terkait