Gubernur: Langkah Penting dan Strategis Kurangi Kecelakaan Lalu Lintas

Canangkan GNPKBL di 13 Kabupaten/Kota

 SAMARINDA – Setelah sebelumnya dilakukan pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GNPKBL) secara serentak di Indonesia yang juga diikuti di Balikpapan dan di Samarinda pada Minggu (26/1), Pemprov Kaltim akan menggelar kegiatan serupa untuk tingkat provinsi yang akan dilaksanakan pada Minggu, 22 Februari 2014 dipusatkan di Komplek Stadion Segiri Samarinda.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengungkapkan kegiatan ini akan dilaksanakan serentak di 13 kabupaten/kota se Kaltim dan Kaltara, selain Samarinda dan Balikpapan yang sudah melakukan pencanangan terlebih dahulu.

“Ini merupakan tindak lanjut dari pencanangan yang dilakukan oleh Presiden. Instruksi Gubernur sudah dikirimkan kepada kabupaten/kota. Jadi semua kabupaten/kota bisa bersama-sama melakukan pencanangan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GNPKBL) di masing-masing daerah pada hari itu,” ungkap Awang Faroek dalam rapat persiapan pelaksanaan GNPKBL di ruang Tepian 1 Kantor Gubernur Kaltim, Senin (27/1).

Kegiatan pencanangan GNPKBL ini, menurut dia, merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya meminimalisir kasus kecelakaan lalu lintas di Kaltim. Terutama dalam memberikan pemahaman terhadap budaya tertib lalu lintas. Diperlukan dukungan dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah, TNI/Polri, swasta, perguruan tinggi, sekolah dan masyarakat.

“Budaya antri dalam berlalu lintas harus dipahami dan diterapkan oleh masyarakat Kaltim. Ini sangat penting, mengingat tingginya angka pelanggaran lalu lintas, termasuk kecelakaan yang terjadi di sejumlah wilayah Kaltim. Ini adalah upaya kita untuk mengurangi angka tersebut,” jelasnya.

Menyukseskan pencanangan GNPKBL, lanjut dia, kegiatan ini akan diikuti ribuan peserta mulai dari pegawai SKPD lingkup Pemprov Kaltim, TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, komunitas motor dan mobil, dunia usaha, perbankan hingga masyarakat umum di Samarinda.

Turut hadir pada rapat persiapan pelaksanaan GNPKBL, diantaranya Wagub HM Mukmin Faisyal HP, Plt Sekprov H Rusmadi, Wakapolresta Samarinda AKBP Hari Nugroho, perwakilan Polda Kaltim, perwakilan Korem 091/ASN, jajaran SKPD lingkup Pemprov, serta wartawan media cetak dan elektronik di Samarinda. (her/hmsprov).

///FOTO : Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berbincang-bincang dengan sejumlah peserta Rapat Persiapan Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas (GNPKBL) di Kaltim.(fajar/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait