Gubernur Lanjutkan Perjuangan Kutai Pesisir

Gubernur Awang Faroek bersama Tim Sukses Kutai Pesisir. Gubernur Awang Faroek menyerahkan tuntutan perjuangan DOB Kutai Pesisir kepada Wakil Ketua MPR RI H Mahyuddin. (IST)

JAKARTA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bertemu Wakil Ketua MPR RI H Mahyuddin di kompleks parlemen Senayan, Jakarta. Pertemuan membahas perjuangan rakyat sejumlah kecamatan pesisir di Kabupaten Kutai Kartanegara untuk menjadi Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Kutai Pesisir.

Pertemuan bertajuk Audiensi Aspirasi Timses Pembentukan DOB Kabupaten Kutai Pesisir dengan Anggota DPR RI itu digelar di Ruang Rapat KK 1 Gedung Bundar MPR DPR RI.  

Gubernur Awang Faroek Ishak yang datang bersama warga Anggana, Sanga-Sanga, Loa Janan, Muara Jawa dan Samboja serta 27 orang anggota Tim Sukses Kutai Pesisir yang merupakan  tokoh pemuda dan masyarakat diterima langsung Wakil Ketua MPR H Mahyuddin  ST didampingi Anggota DPR Daerah Pemilihan Kaltim lainnya yakni Hetifah,  Ichwan Datu Adam. Tampak pula Anggota DPR lainnya Budisatrio Jiwandono. 

"Alhamdulillah usulan masyarakat Kutai Pesisir sudah kita sampaikan dan langsung diterima wakil rakyat kita di Senayan. Mudah-mudahan bisa segera ditindaklanjuti dan bisa segera diwujudkan dan menjadi kenyataan," kata Awang. 

Awang melihat perjuangan untuk Kutai Pesisir ini sudah cukup lama dilakukan, namun belum juga menemui hasil terbaik. Dia berharap agar setelah beberapa wakil rakyat asal Kaltim sendiri yang menerima usulan perjuangan tersebut, jalan mulus untuk Kutai Pesisir bisa lebih mudah diperjuangkan bersama.

Pemekaran wilayah ini menurut Awang sangat strategis untuk mendorong percepatan pembangunan masyarakat pesisir. Rentang kendali pengawasan akan lebih mudah dan pelayanan publik akan lebih mudah dijangkau masyarakat.

Selain Kabupaten Kutai Pesisir, DOB lain yang saat ini juga diperjuangkan adalah Kabupaten Berau Pesisir dari Kabupaten Berau dan Kabupaten Paser Selatan dari Kabupaten Paser. "Saya sangat mendukung perjuangan ini demi percepatan kesejahteraaan rakyat," tutup Awang. (sul/humasprov)

Berita Terkait