Gubernur: Libatkan Masyarakat dan Kelompok Seni Budaya

Pengembangan Anjungan Kaltim di TMII

SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh jajaran SKPD lingkup Pemprov serta kabupaten/kota agar memaksimalkan Anjungan Kaltim di Taman Mini Indonesia Indah. Karena anjungan tersebut dapat menjadi sarana promosi investasi daerah, disamping sebagai wadah untuk memperkenalkan seni dan budaya daerah.

Dia berharap apa yang telah dilakukan selama lima tahun terakhir, dimana setiap bulan di Anjungan Kaltim di TMII selalu diisi oleh sekitar 15 kabupaten/kota di Kaltim, yang secara bergiliran mengisi acara seni dan budaya secara rutin, dapat terus dilanjutkan.

“Diharapkan tidak hanya pemerintah daerah, tetapi lebih banyak melibatkan masyarakat dan semua kelompok seni dan budaya di lingkungan masyarakat sehingga Kaltim semakin dikenal baik secara nasional maupun internasional,” ujar Awang Faroek pekan lalu.

Menurut dia, pengelola Anjungan Kaltim di TMII bersama jajaran SKPD terkait di Pemprov dan kabupaten/kota harus banyak berkreativitas, khususnya terkait apa saja yang dikembangkan disana. Tidak hanya sektor seni dan budaya maupun pariwisata, tetapi bagaimana promosi investasi dapat menjadi bagian dari kegiatan rutin disana.

“Even tersebut dimanfaatkan sebagai promosi investasi Kaltim. Apa saja peluang investasi di kabupaten/kota harus dihadirkan disana guna menarik minat investor untuk datang ke Kaltim,” jelasnya.

Anjungan Kaltim di TMII harus dikelola secara profesional, artinya ditangani oleh ahli-ahli di bidang masing-masing. Karena, itu merupakan kesempatan terbaik dalam memperkenalkan dan mempromosikan objek-objek wisata di Kaltim, sekaligus menjual potensi investasi Kaltim.

“Kita tidak hanya kaya akan potensi sumber daya alam yang suatu saat akan habis, tetapi kita juga memiliki kekayaan seni dan budaya, serta objek wisata ecotourism yang menjadi tumpuan utama pengembangan sektor pariwisata di Kaltim. Bukan tidak mungkin suatu saat sektor pariwisata menjadi tumpuan perekonomian Kaltim, ini harus kita manfaatkan semaksimal mungkin,” pungkasnya. (her/es/hmsprov)

//////FOTO :  H Awang Faroek Ishak

 

Berita Terkait
Government Public Relation