Gubernur: Lulusan Yarsi Harus Berkemampuan Ganda

Wisuda Akper Yarsi TA 2013/2014

SAMARINDA - Seiring tingginya persaingan tenaga medis kesehatan, terutama bidang keperawatan, baik di tingkat nasional maupun internasional. Diharapkan lulusan yang Akademi Keperawatan (Akper) Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Samarinda harus memiliki kemampuan ganda.

Kemampuan ganda dimaksud adalah jangan hanya menjadi perawat lokal atau umum, tetapi perawat yang memiliki keahlian lebih,  misalnya, perawat spesialis bedah, perawatan anak anak dan kesehatan jiwa.

“Karena itu, lulusan Akper Yarsi harus memiliki kemampuan secara menyeluruh. Misalnya, bisa menjadi spesialis perawat jiwa, perawatan anak dan  keterampilan bedah. Diharapkan ini dapat dikembangkan Akper Yarsi. Dengan demikian, lulusannya harus berkemampuan ganda. Sehingga mampu bersaing dengan tenaga perawat dari negara lain,” kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak melalui Staf Ahli Gubernur bidang Pendidikan dan Kebudayaan Pemprov Kaltim Dr H Sigit Muryono usai menghadiri wisuda Akper Yarsi Samarinda, Rabu (24/9).

Dengan kemampuan yang dimiliki, diharapkan tenaga perawat dari Akper Yarsi dapat bersaing di tingkat internasional, terutama ketika memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015.

Dengan SDM berkualitas, Kaltim tidak akan mengirim tenaga buruh kasar, tetapi tenaga terdidik  untuk bidang medis atau kesehatan khususnya perawat profesional ke luar negeri, termasuk ke Malaysia maupun negara ASEAN lain.

“Apalagi Pemprov Kaltim telah membantu beasiswa sebanyak 200 orang kepada Akper Yarsi Samarinda, diharapkan lulusan tersebut menjadi perawat profesional dan siap bekerja dan bersaing,” jelasnya.

Pemprov Kaltim juga berharap Akper Yarsi Samarinda dapat meningkatkan akreditasi, sehingga mampu meningkatkan kualitas lulusan. Akreditasi merupakan syarat untuk meningkatkan status Akper Yarsi Samarinda menjadi sekolah tinggi yang bisa mencetak lulusan berstatus strata satu atau sarjana.

Direktur Akper Yarsi Samarinda Susanto AS mengatakan, tahun ini mahasiswa yang lulus dan diwisuda 100 orang. Sedangkan yang saat ini mengikuti masa perkuliahan 241 orang terdiri dari tingkat I 78 orang, tingkat II (86 orang) dan tingkat III (77 orang). (jay/es/hmsprov)

 

////FOTO : Para wisudawan/wisudawati Akper Yarsi Samarinda saat melaksanakan prosesi wisuda.(fadjar/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation