Gubernur Meyakini Pertumbuhan Ekonomi Kaltim Maju Sangat Pesat

Foto : Yuvita Indrasari

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor menegaskan, ditunjuknya Provinsi Kaltim menjadi ibu kota negara (IKN) baru Indonesia oleh Presiden Joko Widodo, tentu sangat berdampak positif terhadap pembangunan perekonomian. Juga berdampak pada kehidupan sosial masyarakat termasuk perkembangan  investasi.

.

“Kedepan, Kaltim akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat, dimana investasi ima tahun kedepan diperkirakan mencapai Rp600 sampai Rp700 triliun. Itu akan berdampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat,” kata Isran Noor dihadapan ratusan warga keturunan Tionghoa saat perayaan Cap Go Meh 2020, di Gedung Olah Bebaya Samarinda, Sabtu (8/2/2020).

.

Isran  mengatakan, keberadaan IKN tentu berdampak luas. Beberapa sektor pasti akan terdongkrak, seperti konstruksi, jasa, perdagangan dan lainnya. Sehingga ekonomi masyarakat juga meningkat seiring pembangunan infrastruktur yang semakin pesat.

.

“Masyarakat harus meningkatkan kualitas dan kompetensinya sesuai bidang masing-masing. Sebagai upaya dan antisipasi semakin kuatnya persaingan. Kita jangan jadi penonton. Jangan sampai nanti tergerus sebab tidak terampil,” pesannya.

.

Pendapatan daerah Rp23 triliun, namun ditetapkannnya Benua Etam menjadi IKN, jumlah tersebut akan jauh terlampaui. Diperkirakan setahun bisa mencapai diatas Rp100 triliun.

.

Isran Noor mengingatkan saat ini bagaimana peran masyarakat lokal. Banyak potensi yang harus dikembangkan, banyak peluang dan tantangan harus direbut dan dimanfaatkan secara maksimal.

.

“Kita  harus menjadi produsen bagi konsumsi masyarakat seiring bertambahnya penduduk di Kaltim. Tolong jangan disia-siakan, saya berharap bisa memanfaatkannya. Jangan kita menjadi penonton, bagi yang mempunyai kemampuan silahkan ikut membangun IKN,” harap Isran Noor. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation