Gubernur Minta Angkasa Pura Kelola Bandara APT Pranoto

Gubernur Awang Faroek Ishak bersama General Manager PT Angkasa Pura I Handy Heryudhitiawan (kanan). (seno/humasprovkaltim)

 

Gubernur Minta Angkasa Pura Kelola Bandara APT Pranoto

 

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta PT. Angkasa Pura  (AP) I mengelola Bandara APT Pranoto di Sei Siring (sebelumnya sering disebut dengan Bandara Samarinda Baru), selain Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (SAMS) Balikpapan. Permintaan itu disampaikan Gubernur Awang Faroek saat menerima kunjungan General Manager (GM) PT. Angkasa Pura Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Handy Heryudhitiawan dan rombongan. "Saya minta dua aset ini bisa saling bersinergi. Angkasa Pura harus mengelola kedua bandara internasional ini," kata Awang Faroek di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (23/10).

 

Selanjutnya Gubernur Awang Faroek menyampaikan agar jajaran Angkasa Pura terus berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim dalam hal ini Dinas Perhubungan, demi kelancaran operasional dua aset. Untuk diketahui, Bandara SAMS saat ini merupakan bandara terbaik di nasional juga menjadi salah satu bandara internasional dengan pelayanan terbaik pula. Diharapkan kesuksesan Bandara SAMS bisa ditularkan ke Bandara APT Pranoto yang berada  di ibukota provinsi. "Kaltim merupakan wilayah yang berada di tengah-tengah pulau di Indonesia. Karena itu, baik operasional hingga layanan dalam pengembangan bandara ini harus semakin baik. Jadi, kami harapkan dua bandara ini mendapat dukungan Angkasa Pura," harap Awang, seraya mengingatkan agar kedua bandara ini mampu untuk terus berkompetisi dengan bandara-bandara di provinsi lain maupun negara lain.

 

Sementara GM baru Angkasa Pura I Bandara SAMS Handy Heryudhitiawan mengatakan siap berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim termasuk dalam pengelolaan Bandara APT Pranoto. "Kami siap kapan saja, jika Gubernur memerlukan dan memberikan saran dalam pengembangan dua bandara dimaksud, sehingga pelayanan bandara tersebut semakin baik dan profesional," jelasnya. Handy juga menegaskan pihaknya siap membantu pengelolaan operasional  Bandara Maratua di Kabupaten Berau. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait