Gubernur Minta Asset Pertamina

SAMARINDA- Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meminta agar asset PT Pertamina (Persero) di Kaltim untuk diserahkan ke Pemerintah Daerah, terutama asset yang sudah tidak dipakai lagi oleh perusahaan. Aset tersebut dapat dimanfaatkan Pemerintah Daerah untuk kepentingan kegiatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Gubernur Awang Faroek Ishak sesuai pertemuan untuk negosiasi Blok Migas yang ada di Kaltim, agar asset Pertamina mulai dari Tarakan, Kutai Timur, Sanga Sanga dan Balikpapan diserahkan kepada pemerintah daerah.

“Banyak manfaat jika asset Pertamina yang tidak dipakai lagi oleh perusahaan bisa dimanfaatkan oleh pemerintah. Contoh, ruang pertemuan Pertamina di Sanga Sanga, ruang tersebut bisa dimanfaatkan untuk kegiatan masyarakat. Begitu juga asset Pertamina di Kutai Timur yang ada di Sangkima bisa dimanfaatkan untuk pusat latihan tempur TNI,” kata Awang Faroek Ishak ketika ramah tamah bersama veteran Kaltim di Sanga Sanga, Rabu (27/1).

Menurut dia, asset yang tidak dipakai oleh Pertamina diharapkan dapat dimanfaatkan untuk kegiatan bersama masyarakat di mana saja berada, mulai yang ada di Sanga Sanga, Samboja, Tarakan dan Kutai Timur.

Selain itu, Awang juga sudah meminta Pertamina untuk mendukung pengembangan tersebut, termasuk pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) bagi masyarakat di Kaltim, khususnya di Sanga Sanga. Contohnya, usaha Tanggulangin di Sidoarjo dapat dipindah ke Sanga Sanga. Dengan demikian, Sanga Sanga mampu menjadi pusat industri kerajinan tangan, terutama dengan memanfaatkan asset Pertamina yang tidak dipakai lagi.

“Artinya, pelaku usaha yang ada di Tanggulangin kita datangkan ke Sanga Sanga untuk melatih masyarakat di sini, dengan begitu masyarakat Sanga Sanga menjadi kreatif. Saya yakin, daerah ini bisa seperti Kota Bandung, yakni para wisatawan datang ke Kaltim tidak lupa ke daerah ini untuk belanja kerajinan tangan. Contonya, kerajinan tas dan koper,” jelasnya.

Gubernur meminta, dengan memanfaatkan asset pertamina yang ada di Sanga Sanga, para wisatawan yang berkunjung ke Kaltim bukan hanya datang ke Tenggarong tetapi juga singgah ke Sanga Sanga.

“Karena itu, saya minta Camat Sanga Sanga dapat kreatif, yakni bisa memasukkan di Tata Ruang Sanga Sanga menjadi wisata juang dan tujuan wisata. Sehingga daerah ini menjadi berkembang perekonomian masyarakatnya,” jelasnya.(jay/humasprov)

Berita Terkait
LENSA KALTIM
LENSA KALTIM

11 Februari 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan

LENSA KALTIM MAJU
LENSA KALTIM MAJU

08 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Pemerintahan

Government Public Relation