Gubernur Minta Pelayanan Samsat Dapat Ditingkatkan

SENDAWAR - Didampingi Kepala Dinas Pendapatan Kaltim, Eddy Kuswadi, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak meresmikan Kantor Bersama Samsat Wilayah Kutai Barat, Minggu (19/5).
Awang Faroek mengatakan banyak peluang yang dapat diciptakan untuk menarik pajak kendaraan yang terus meningkat di masyarakat. Berbagai cara pemungutan pajak kendaraan dapat dikelola bekerja sama dengan pihak lain, misalnya di pusat perbelanjaan atau di bank-bank pemerintah dan swasta.
“Masyarakat saat ini menuntut pelayanan yang cepat dan berkualitas. Sehingga kemajuan teknologi informasi dapat terus dimanfaatkan oleh para petugas,” ujarnya.
Selain itu Awang Faroek meminta seluruh petugas untuk meningkatkan pengetahuan dan perkembangan teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi merupakan peluang untuk melakukan pelayanan dan perbaikan kualitas kerja.
Gubernur  juga meminta para petugas untuk mempermudah pelayanan dan jangan mempersulit jika semua pekerjaan dapat dipermudah. Begitu juga untuk tidak menunda pekerjaan besok jika dapat diselesaian saat  ini.
"Saya ingin dengan jam yang sama, waktu yang sama seluruh Samsat dapat terhubung satu dengan lainnya. Sehingga tercipta pelayanan kelas dunia" ujarnya.
Gubernur  juga berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kutai Barat yang telah menyiapkan lahan kantor dan Pemprov Kaltim yang membangunnya. Cara  kolaborasi inilah yang harus dilanjutkan untuk pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
Sementara itu, Kepala Dispenda Kaltim Eddy Kuswadi mengatakan Kantor Bersama Samsat Kubar ini dibangun dengan dana APBD Kaltim sebesar Rp12,8 miliar.
Dengan berdirinya kantor bersama ini maka dibentuk juga Samsat Pembantu di Resak Kecamatan Bongan dan Samsat Pembantu Desa moro Tae Kecamatan Jempang. Selain itu  juga dibentuk Samsat Jelajah yang dapat berpindah-pindah melayani masyarakat.
“Target penerimaan di daerah ini terus meningkat setiap tahun, yakni pada 2010 terealisasi Rp31 miliar dari target Rp23 miliar. Kemudian pada 2011 meraih Rp48 miliar dari Rp38 miliar yang ditargetkan," katanya.
Sementara itu, pada 2012 targetnya Rp53,5 miliar dengan realisasi mencapai Rp54,3 miliar, sedangkan tahun ini ditargetkan Rp54,5 miliar dan untuk periode Januari hingga Mei, sudah mencapai Rp18 miliar.(yul/hmsprov).

////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak menyapa para petugas Samsat  usai peresmian Kantor Bersama Samsat Wilayah Kutai Barat, Minggu kemarin. Gubernur berharap, penerimaan pajak terus meningkat dengan berbagai inovasi dan dan terobosan pelayanan public.(yuliawan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation