Gubernur Minta SKPD Bina Panti Asuhan

Gubernur Minta SKPD Bina Panti Asuhan

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim menaruh perhatian besar pada kesejahteraan  anak terutama mereka yang saat ini berada di dalam panti asuhan. Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak bahkan meminta setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) agar bisa membina panti asuhan.  

"Setiap  SKPD  bisa membentuk  baitul mal. Setiap bulan kita bisa sisihkan penghasilan dan dana yang terkumpul nantinya bisa disalurkan  kepada yang membutuhkan khususnya anak yatim piatu di panti-panti asuhan,"   kata Awang Faroek Ishak saat menyerahkan santunan kepada 1.169 yatim piatu di Lamin Etam, beberapa hari lalu.

Awang meminta agar pembentukan baitul mal di setiap SKPD terkoordinasi dengan baik, sehingga  SKPD dapat memilih untuk membina satu panti asuhan  sehingga penyaluran bantuan tidak tumpang tindih dengan SKPD lain.  

Gubernur juga meminta Asisten  Kesejahteran Rakyat agar nanti melaporkan kerja SKPD membina panti asuhan mana dan berapa jumlah anak yang disantuni. Diharapkan, santunan bisa terus ditingkatkan setiap tahunnya.

Kegiatan positif itu hendaknya kata Gubernur, tidak hanya dilakukan pada bulan Ramadhan. Tetapi harus rutin dilakukan di bulan-bulan lainnya.

"No day without solidarity (tiada hari tanpa solidaritas). Karena dikiri kanan  kita masih banyak warga yang miskin," kata Awang. 

Selain itu, Awang juga   mengajak  para pengusaha yang berusaha di Kaltim mengeluarkan zakat mereka juga di Kaltim. Hasil  pengumpulan zakat ini diharapkan dapat dirasakan semua pihak. Apa lagi zakat bukan hanya diberikan  pada saat  bulan Ramadhan saja, tetapi bisa pula dikeluarkan setiap waktu sepanjang tahun.

"Saya sangat berharap partisipasi  aktif perusahaan-perusahaan bisa membantu mempercepat pengentasan kemiskinan dan salah satunya dilakukan dengan menyalurkan zakat  melalui pengelola zakat di Kaltim," ujarnya.

Menurut Gubernur, potensi  zakat ini harus terus digali. "Potensi zakat ini merupakan kekuatan umat Islam yang dahsyat untuk kehidupan kita bersama," ujarnya. (mar/sul/es/advertorial)

/////Foto : Gubernur Awang Faroek Ishak bersama para yatim piatu saat buka bersama di Lamin Etam belum lama ini. Gubernur minta agar semua SKPD lebih terkoordinir membantu anak-anak yatim piatu di panti asuhan. (dok/humasprov)

 

Berita Terkait