Gubernur Optimis IKN Segera Terealisasi

Foto : Umar

PONTIANAK- Gubernur Kaltim Isran Noor sangat  optimis penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbag) Regional Kalimamatan Tahun 2020, yang diselenggarakan Forum Kerjasama Revitalisasi dan Percepatan Pembangunan Regional Kalimantan (FKRP2RK) mampu menghasilkan rumusan percepatan pembangunan ibu kota negara (IKN) di Provinsi Kaltim.
.
"Kita sangat optimis dalam Musrenbang Regional Kalimantan menghasilkan  rumusan dalam percepatan pembangunan IKN. Disamping rumusan lain seperti  persamaan persepsi atas kebutuhan pembangunan yang bersifat mendasar dan berdampak bagi pergerakan pembangunan sektor lainnya secara regional. Terutama dalam pelayanan dasar bagi masyarakat," kata Isran Noor saat menghadiri Musrenbang Regional Kalimantan, yang di yang digelar di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat, Rabu (19/2/2020).
.
Isran menambahkan untuk persiapan pembangunan IKN jalan terus. Dimana saat ini  pemerintah pusat sedang menggodok UU terkait IKN. Kemudian pembentukkan badan otoritas sudah selesai dan tinggal menunggu diumumkan Presiden Joko Widodo.
.
"Adanya Musrenbang Regional Kalimantan ini, pemerintah pusat dapat menampung seluruh aspirasi dan merealisasikannya untuk percepatan dan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kalimantan," ujar Isran Noor.
.
Sementara itu, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengharapkan seluruh Gubernur serta bupati dan walilota se Kalimantan, kiranya berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan pembangungan. Khususnya bagaimana memanfaatkan sumber daya alam (SDA) yang dimiliki meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat Kalimantan.
.
"SDA yang dimiliki provinsi di Kalimantan sangat besar, hanya Papua yang bisa menandingi, semua ada disini. Minyak, gas, batubara, emas, perkebunan kelapa sawit juga sangat besar. Tantangan dan peluang harus dimanfaarkan sebaik-baiknya bukan saja untuk pembangunan tetapi kesejahteraan masyarakat," ujar Tito.
.
Demikian pula, anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Kaltim H Awang Faroek Ishak, juga sangat mendukung percepatan pembagunan IKN. Karena dampaknya bukan saja Kaltim tetapi provinsi Kalimantan lainnya bahkan provinsi di luar pulau Kalimantan.
.
"Musrenbang Regional Kalimantan ini, kita bisa kompak dalam memperjuangkan aspirasi daerah. Karena yang hadir semua perwakilan menteri, sehingga aspirasi daerah bisa diakomodir dan direalisasikan untuk kemajuan dan kesejahteraan rakyat," harap Awang Faroek Ishak.
.
Tampak hadir juru bicara presiden, Direktur Pengembangan Wilayah Bappenas Dr Sumedi Hamdono, gubernur se Kalimantan, bupati/walikota se Kaltim, Kepala Bappeda se Kaltim dan Forkopimda Kalimantan Barat.(mar/her/yans/humasprov kaltim) 

Berita Terkait