Kalimantan Timur
Gubernur : Pandemi Tak Boleh Santai

Foto:syaiful/humasprovkaltim

Samsat Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Linggang Bigung, Kabupaten Kutai Barat (Kubar) Senin (30/11/2020)  diresmikan. 

 

Gubernur Kaltim H Isran Noor memimpin langsung peresmian yang juga dihadiri Pjs Bupati Kutai Barat HM Syirajudin, Kepala Bappeda Kaltim HM Aswin, Kepala Bapenda Kaltim Hj Ismiati, Ketua Komisi II DPRD Kaltim Very Diana Wang, Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir, 16 camat  dan para petinggi/kepala kampung di Kabupaten Kubar.

 

"Meski masih pandemi, kita tidak boleh santai. Tidak boleh kita berdiam diri. Tetap lakukan kegiatan-kegiatan inovatif, namun harus  tetap mengikuti standar protokol kesehatan yang ketat,"  kata Gubernur Isran Noor di  Kecamatan Linggang Bigung. 

 

Peresmian Samsat Paten  di Kabupaten Kutai Barat ini menurut Gubernur Isran Noor adalah upaya pemerintah untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak kendaraan bermotor.

 

Setelah peresmian ini Gubernur berharap masyarakat akan lebih mudah dan tertib membayar pajak kendaraan bermotor mereka dan bagi hasil pajak ke Kabupaten Kubar juga akan semakin meningkat untuk mendukung pembiayaan pembangunan daerah.

 

Sebelumnya, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Hj Ismiati menjelaskan selama ini tidak ada pelayanan pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Linggang Bigung, sehingga para wajib pajak harus membayar pajak kendaraan bermotor mereka ke Kecamatan Barong Tongkok yang berjarak sekitar 1 jam dari Linggang Bigung.

 

"Samsat Paten Linggang Bigung ini akan melayani tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Tering dan Kecamatan Long Iram," sebut Ismiati. 

 

Potensi pajak kendaraan bermotor di kecamatan berpenduduk 15.620 jiwa itu sebanyak 11.766 unit, terdiri dari 10.645 unit roda 2  dan 1.121 unit roda 4.

 

Sementara potensi pajak kendaraan bermotor di Kecamatan Tering sebanyak 2.987 unit dan Kecamatan Long Iram 1.917 unit.

 

"Potensi penerimaan dari PKB untuk Kubar sekitar Rp80 miliar dan dari BBNKB Rp55 miliar. Mudah-mudahan ke depan semakin meningkat lagi," harap Ismiati. 

 

Acara juga dihadiri Camat Linggang Bigung Kristian dengan penyambutan tarian khas Linggang Bigung, Karang Songan dari Sanggar Tari Seroyoq. (sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait