Gubernur Pantau Pemilu Pilpres di Daerah, Pilpres dan Pileg di Kaltim Aman dan Lancar

Gubernur Kaltim Isran Noor (rian/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor mengatakan berdasarkan informasi dalam penyelenggaraan pesta demokrasi Pilpres dan Pileg serentak di seluruh wilayah Kaltim dalam suasana kondusif aman dan lancar. "Secara umum bahwa informasi penyelenggara Pemlilu di daerah kita berjalan aman dan kondusif," kata Isran Noor sebelum berangkat menuju kota Raja Tenggarong di Bandara Temindung Samarinda, Rabu (17/4/2019).

Pantauan sebelumnya yang dilaksanakan di Samarinda, kata Isran Noor, seperti TPS 34 Sungai Kunjang maupun TPS 23 dan 22 Kelurahan Bandara Samarinda. Diakuinya, berjalan aman dan lancar juga partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suaranya meningkat. "Pesta demokrasi tahun ini partisipasi masyarakat meningkat. Tidak seperti Pemilu tahun 2014 lalu, partisipasi masyarakat kurang," ujarnya.

Demikian pula Kutai Kartanegara serta Kutai Timur seperti TPS 70, 71 dan 72. Kota Bontang di TPS 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23 dan 24 di Kelurahan Guntung Sidrap berjalan aman dan lancar tanpa ada hambatan. "Masyarakat sudah cerdas dan paham. Sebagai warga negara memiliki hak untuk menyalurkan hak suaranya pada Pemilu Serentak ini. Peningkatan partisipasi masyarakat bisa terus ditingkatkan pada Pemilukada selanjutnya," tandasnya.

Ditambahkan, Kaltim masuk zona hijau (kondusif). Namun, masyarakat harus tetap mempertahankan kondisi daerah pasca Pilpres dan Pileg 2019. "Kondusifitas daerah pasca penyelenggaraan pesta demokrasi harus dipertahankan. Selain tugas dan tanggung jawab pemerintah bersama aparat keamanan baik Polri maupun TNI. Juga seluruh lapisan masyarakat," ungkap Isran Noor.

Selama monitoring Pemilu Serentak di Kutai Kartanegara, Kutai Timur dan Bontang, Gubernur Isran Noor didampingi Ketua DPRD Kaltim, Kapolda Kaltim, Pangdam VI Mulawarman, Kajati Kaltim dan Ketua Bawaslu Kaltim.(mar/her/yans/humasprov kaltim)

Berita Terkait