Gubernur Pimpin Musrenbang RPJMD 2018-2023, Isran : RPJMD Payung Pembangunan Daerah

Gubernur Isran Noor saat memimpin Musrenbang. (yuvita/humaspriv kaltim).

SAMARINDA - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang disusun telah mengakomodir visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim serta bersesuaian dengan kabupaten dan kota sehingga jadi payung atau dasar pelaksanaan pembangunan Kaltim lima tahun ke depan. Hal itu ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2019 di Pendopo Lamin Etam, Kamis (17/1/2019).

Menurut dia, Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang dilaksanakan Pemprov untuk mendapatkan masukan sekaligus sinkronisasi dari kabupaten dan kota terhadap program pembangunan daerah dalam kurun waktu 2018-2023. "Musrenbang untuk mendapatkan masukan-masukan baru dari kabupaten dan kota agar ditetapkan dalam RPJMD 2018-2023 untuk dilaksanakan masing-masing OPD di lingkup Pemprov Kaltim," katanya.

Musrenbang lanjutnya, merupakan bagian akhir menyempurnakan RPJMD 2018-2023 yang segera dimasukkan ke DPRD untuk di Perdakan. "Kepala daerah bersama jajaran juga OPD Pemprov Kaltim dalam renstranya mengacu pada RPJMD, sehingga tidak lepas dari kebijakan bersama," ungkapnya.

Dirinya tidak ingin pada saat pelaksanaan program dan kegiatan nantinya ternyata tiba-tiba ada muncul usulan program dan kegiatan yang sebelumnya tidak dibahas oleh eksekutif dan legislatif. "Inilah pentingnya ada RPJMD agar semua berada dalam jalur atau rel yang benar. Bukan usulan yang ujug-ujug (tiba-tiba) muncul tanpa melalui pembahasan," harapnya.

GUB-MUSREMBANG-19

Musrenbang RPJMD Tahun 2018-2023 bertema Berani untuk Kalimantan Timur yang Berdaulat menghadirkan pemateri Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri Soni Sumarsono, Direktur Daerah Tertinggal Terluar dan Perdesaan BPN/Bappenas Sumedi Andono Mulyo dan Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Raja Haryono.

Kegiatan dihadiri kepala daerah bupati/wakil bupati dan walikota/wakil walikota se-Kaltim dirangkai penandatanganan kesepakatan target kinerja pembangunan daerah Provinsi Kaltim dengan kabupaten dan kota.  

Hadir Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun dan Pj Sekdaprov Dr Hj Meiliana, Kepala Bappeda Kaltim H Zairin Zain dan Danrem 091 ASN Brigjen TNI Widi Prasetijono serta jajaran FKPD Kaltim, Asisten, Staf/Tenaga Ahli dan Staf Khusus Gubernur, Kepala Biro dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, Anggota DPR RI/DPD RI Daerah Pemilihan Kaltim, Wakil Ketua/Anggota DPRD Kaltim serta Bappeda Kabupaten/Kota, tokoh masyarakat dan akademisi, pimpinan BUMN/BUMD dan instansi vertikal maupun kementerian/lembaga. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait