Gubernur Pimpin Upacara Hari Lahirnya Pancasila

Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pimpin upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor pimpin upacara peringatan hari lahirnya Pancasila di Ruang Serbaguna Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (1/6/2019). Acara dimulai dengan mengheningkan cipta yang dipimpin langsug pembina upacara, dilanjutkan pembacaan Pancasila dan Pembukaan UUD 1945.

Gubernur membacakan sambutan Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Hariyono. Dikatakannya, Pancasila sebagai dasar negara ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan satu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. "Walaupun kita sebagai bangsa masih belum sempurna merealisasikan nilai-nilai Pancasila. Namun, eksistensi keindonesiaan sebagai bangsa berkesatuan dan berketuhanan masih bertahan berkat idiologi Pancasila," katanya.

Diungkapkannya, kondisi geografis memposisikan Indonesia sebagai negara kepulauan yang sangat besar. Dimana bangsa ini diapit diantara dua samudra (Pasifik dan Hindia) serta diantara dua benua (Asia dan Australia). "Kita sebagai bangsa satu kesatuan yang saling menguatkan dalam konsep wawasan nusantara. Dimana tumbuh beraneka macam flora dan fauna secara nasional merupakan karakteristik dari negara Indonesia," katanya.

Demikian pula, secara antropologis dan sosiologis kebangsaan terdapat keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya yang ada sejak masa praaksara hingga sekarang ini.

Tampak hadir Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, mantan Plt Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana, Kepala Pengadilan Tinggi Kaltim, jajaran Forkopimda, kepala biro, para asisten, staf/tenaga ahli gubernur dan kepala OPD dilingkup Pemprov Kaltim. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait