Gubernur Pimpinan Apel Tiga Pilar, Awang : Optimalkan Sinergitas untuk Pilkada Damai

Gubernur Awang Faroek memimpin Apel Tiga Pilar di lapangan SPN Balikpapan, Senin kemarin. (masdiansyah/humasprov)

BALIKPAPAN - Tiga pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kades) mengoptimalkan perannya serta meningkatkan sinergitas dan profesionalismenya. Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak  saat memimpin Apel Tiga Pilar (Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kades) di lapangan SPN Balikpapan, Senin (4/6)  

Menurut Gubernur, sinergitas  dan profesionalitas sangat penting terutama menyongsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2018 agar tercipta kondisi aman dan damai dalam kehidupan masyarakat. "Tiga pilar harus mampu membangun semangat saling dukung dan mendukung agar mampu melakukan deteksi dan cegah tangkal dini konflik sekaligus antisipasi tindak terorisme, anarkisme dan radikalisme dalam masyarakat Kaltim," katanya.

Lebih utama lanjutnya, masyarakat sangat menginginkan terciptanya kondusifitas yang terus terjaga dan terpelihara dari tingkat desa/kelurahan hingga kecamatan dan kabupaten/kota bahkan provinsi. Sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman dalam melaksanakan aktivitas kesehariannya tanpa mengurangi makna penyelenggaraan demokrasi di daerah bahkan secara nasional. "Kondusifitas daerah menjadi harapan masyarakat agar tetap terjaga dan terpelihara. Karenanya tiga pilar harus mampu memberdayakan dan mengoptimalkan potensi sumber daya masyarakat dan lingkungan," harap Awang Faroek.

Gubernur  menambahkan peristiwa teror yang telah terjadi beberapa waktu lalu hingga merenggut korban jiwa harus menjadi pelajaran sangat penting bagi tiga pilar tersebut agar mampu berkinerja secara profesional dan bersama masyarakat terus meningkatkan sistem keamanan lingkungan yang baik.

Sementara itu Kapolda Kaltim Irjen Pol Priyo Widyanto mengatakan Apel Tiga Pilar serentak dilaksanakan seluruh jajaran Polda se-Kaltim. "Apel Tiga Pilar ini merupakan langkah strategis dalam optimalisasi memelihara dan meningkatkan sinergitas dan soliditas menghadapi permasalahan yang mungkin timbul menjelang Pilkada Serentak 2018," ujar Priyo Widyanto.

Kapolda berharap TNI/Polri bersama Pemda hingga ke jajaran paling bawah baik Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama kepala desa atau lurah aktif mengecek warga atau pendatang baru dengan sistem wajib lapor. Sedangkan Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto berharap seluruh aparat keamanan baik TNI/Polri dan Pemda melakukan  langkah antisipasi dini secara terpadu agar stabilitas keamanan daerah terus terpelihara.

"Perayaan Idul Fitri dan Pilgub 2018 serta Pilkada 2019 harus tetap aman dan damai. Laksanakan tugas penuh tanggung jawab dan tindak tegas setiap pelaku aksi kekerasan. Jangan ada toleransi bagi mereka yang coba-coba mengganggu kondusifitas daerah," tegas Subiyanto. 

Apel Tiga Pilar dalam rangka Meningkatkan Sinergitas dan Mendukung Pilkada Serentak 2018 Aman Guna Mewujudkan Situasi Kamtibmas Yang Kondusif Di Wilayah Kaltim. Apel diikuti ratusan peserta terdiri dari anggota TNI/Polri, Satpol  PP Lurah/Kades dan ASN. Hadir Pj Walikota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan jajaran Forkopimda Kaltim serta Kota Balikpapan, Bawaslu dan KPU Kaltim. Tampak pula Danlanud Balikpapan Kolonel (Pnb) Muhammad Mujib dan Danlanal Balikpapan Kolonel (Laut) Dewa Gede Oka Susila.

Dalam kesempatan itu diberikan penghargaan bagi anggota Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah yang dinilai berjasa dalam menciptakan kondusifitas daerah. (yans/sul/humasprov)

Berita Terkait