Kalimantan Timur
Gubernur Puji Atraksi Saka Kaltim

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku takjub dengan atraksi yang diperagakan oleh para Satuan Karya (Saka) Pramuka Kaltim dalam kegiatan Atraksi Saka memperingati HUT Kaltim ke-59 di Lapangan Parkir Sempaja, Samarinda, Jumat (19/2).

"Atraksinya bagus. sangat luar biasa sekali apa yang telah diperagakan oleh kelompok Saka. Saya beri apresiasi pada kegiatan atraksi Saka gerakan pramuka provinsi Kaltim," kata Awang selaku Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kaltim saat memberikan arahan kepada seribuan anggota pramuka.

Dalam atraksi ini diikuti oleh Saka Bahari yang selalu siap sedia mengawasi dan menjaga laut Indonesia tetap utuh dalam kerangka NKRI, Saka Bhayangkara yang selalu menyiapkan generasi bangsa untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, Saka Bakti Husada yang peduli dengan kesehatan, Saka Dirgantara yang selalu siap menjadi wilayah udara, Saka Kencana yang selalu siap memberikan penyuluhan tentang keluarga sejahtera.

Selain itu atraksi juga diikuti oleh Saka Taruna Bumi yang membantu memelihara dan menjaga pangan tetap ada, Saka Wana Bakti yang menyiapkan rimbawan sejati untuk menjaga hutan tetap utuh dan lestari, Saka Wira Kartika yang menyiapkan anak bangsa belajar bela negara, Saka Pariwisata yang menawarkan keindahan dan pesona Indonesia serta Saka Widya Budaya Bakti yang membantu pemerintah untuk memberantas buta aksara.

Salah satu atraksinya yakni atraksi yang diperagakan Saka Bahari. Saka Bahari menampilkan senam perahu karet dan senam semaphore dengan diiringi musik goyang dumang. Bahkan, personil Saka bahari ini membuat atraksi dengan membentuk formasi menara yang mempunyai arti bahwa sebagai anggota pramuka harus bersatu dan kuat untuk memajukan generasi penerus bangsa.

"Jadilah pramuka yang baik dan jadilah pramuka yang menjadi andalan kita semua. Saya berharap, atraksi Saka ini dapat memberikan manfaat besar bagi para Saka gerakan pramuka dalam melaksanakan dan memajukan berbagai aktivitas kepramukaan di seluruh Kaltim," katanya.

Pendidikan kepramukaan memiliki peran besar dalam membentuk watak kepribadian dan akhlak mulia serta meningkatkan ketrampilan hidup kaum muda yang memiliki dampak positif untuk kemajuan bangsa. "Pendidikan kepramukaan ini sejalan dengan gerakan revolusi mental. Saya berpesan, melalui Saka mari kita sukseskan zero narkoba di Kaltim. Mari kita perangi narkoba dan tidak boleh ada seorang pun anggota pramuka yang terlibat dari narkoba. Mari kita mulai dari diri kita untuk berperang terhadap narkoba," katanya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kaltim HM Hatta Zainal menyampaikan bahwa kegiatan atraksi ini dihadiri sekitar 1.800 anggota pramuka dengan rincian Untuk pramuka siaga yang memiliki 14 perindukkan jumlahnya sekitar 400 anak yang berusia 7-10 tahun dan yang mengikuti lomba keterampilan penggalang sebanyak 960 orang putra dan putri yang berasal dari Balikpapan, Samarinda dan Kutai Kartanegara.

"Untuk yang mengikuti atraksi yakni untuk masing-masing Saka berjumlah antara 15-40 orang. Jadi, karena ada 10 Saka yang mengikuti atraksi. Maka, kurang lebih yang ikut berjumlah lebih dari 400 orang Saka," katanya.

Zainal berharap, kegiatan atraksi Saka ini dapat terus dilaksanakan secara berkelanjutan untuk lebih memantapkan pembinaan generasi muda dalam rangka mewujudkan manusia yang berkarakter. "Sudah menjadi bagian tugas dari gerakan pramuka untuk membantu pemerintah. Kalau terkait gerakan nasional revolusi mental, Gerakan Pramuka Kaltim Siap melaksanakan gerakan itu," katanya. (rus/adv/hmsprov)

Berita Terkait