Gubernur Puji Bupati dan Walikota Peraih WTP

Gubernur Puji Bupati dan Walikota Peraih WTP

 

SAMARINDA – Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak memuji  sejumlah kabupaten dan kota di Kaltim yang meraih sukses dalam akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. Mereka sukses meraih predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Kabupaten/kota yang sukses meraih WTP tersebut antara lain Balikpapan, Kutai Kartanegara, Bontang, Paser dan Samarinda. Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) yang merupakan provinsi pemekaran Kaltim pun sukses meraih WTP.

Menanggapi kemajuan positif tersebut, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengaku gembira karena hal ini menunjukkan kinerja pemerintahan di daerah terus membaik, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan daerah.

“Saya sangat senang atas prestasi ini. Apalagi, jika semua kabupaten/kota bisa meraih opini WTP. Ini berarti kinerja pemerintah kabupaten dan kota semakin baik dalam pengelolaan keuangan daerah,” kata Awang Faroek Ishak di Pendopo Lamin Etam Samarinda, Senin (1/6).

Sukses ini melanjutkan sukses Pemprov Kaltim sebelumnya mencapai WTP dan lima tahun berturut-turut yang terbaik secara nasional dalam laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintahan (LAKIP).

"Sekarang yang terpenting adalah bagaimana meningkatkan kerja keras dan tertib administrasi. Baik administrasi keuangan, perlengkapan dan administrasi kepegawaian. Semua itu harus diikuti. Karena itu, secara pribadi saya ucapkan selamat kepada pemerintah kabupaten dan kota yang berhasil meraih prestasi WTP ini,” jelasnya.

Sementara bagi yang belum berhasil meraih WTP, diharapkan dapat mencontoh kabupaten/kota yang telah berhasil, sehingga mampu meraih prestasi tersebut tahun depan. Selain itu, mengenai Kaltara, Awang juga memberikan apresiasi yang tinggi, karena mampu meraih prestasi tersebut.

"Kabupaten/kota yang belum saya minta untuk belajar dengan kabupaten/kota yang berhasil. Sedangkan mengenai Kaltara, kami ucapkan selamat. Prestasi tersebut dicapai karena pemimpin sebelumnya merupakan Sekprov Kaltim yang paham terhadap aturan perundang-undangan dan tertib administrasi,” jelasnya.

Sementara soal Kaltim sendiri, Gubernur Awang Faroek optimis Kaltim akan kembali meraih opini WTP tersebut. "Insyaallah 11 Mei 2015 hasilnya sudah bisa diserahkan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Kaltim. Semoga WTP bisa kembali kita raih karena berbagai upaya  perbaikan terus kita lakukan untuk pengelolaan keuangan daerah. Mulai dari tertib administrasi keuangan hingga pengelolaan aset daerah,” jelasnya. (jay/sul/es/hmsprov).

/////Foto: Gubernur Kaltim, Dr H Awang Faroek Ishak menerima penghargaan dari Wakil Presiden Boediono sebagai daerah terbaik Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) beberapa waktu lalu. Kaltim telah meraih penghargaan ini lima kali berturut-turut sejak 2010. (dok.humasprovkaltim)

Berita Terkait