Kalimantan Timur
Gubernur Resmikan Education Centre Kaltim, Jamin Pengunjung Betah

Gubernur Awang Faroek Ishak melepas balo ke udara saat peresmian Gedung Education Centre dan Pusat Sains Daerah Kaltim. Pengunjung dibuat betah dan bermanfaat. (seno/humasprov kaltim)

 

Gubernur Resmikan Education Centre Kaltim, Jamin Pengunjung Betah 

 

SAMARINDA - Gedung Education Centre dan Pusat Sains Daerah Kaltim resmi dibuka. Bersamaan, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak juga melantik Direktur Utama Education Centre dan Pusat Sains Daerah Kaltim, Bambang Irianto. Pengelolaan pusat pendidikan ini dikerjasamakan dengan Putra Sampoerna Foundation. Peresmian dilakukan di Ballroom Education Centre Kaltim, Jalan PM Noor Samarinda, Selasa (24/10).

 

Gubernur berharap sarana ini dapat menunjang peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kaltim agar lebih berdaya saing. "Lengkapi fasilitas gedung ini, sehingga orang yang datang menjadi betah dan enggan keluar. Sarananya sangat representatif  dan nyaman untuk beraktivitas atau pun belajar," kata Awang.

 

Education Center ini diharapkan bisa menjadi pusat kegiatan pelajar mulai PAUD hingga perguruan tinggi. Bisa pula untuk menggelar berbagai lomba bahasa, menggambar maupun melukis bagi anak-anak. Bisa juga dimanfaatkan untuk kegiatan sekolah-sekolah. Pusat pendidikan ini juga dilengkapi dengan cafe-cafe atau kantin yang bagus hingga akan menambah kenyamanan pengunjung. "Direktur Education Centre kembangkan tempat ini dengan baik. Termasuk menjadikan tempat ini sebagai Pusat Sains Daerah terbaik dari daerah lain," jelasnya.

 

Dukungan juga diharapkan datang dari PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik gedung dan area sekitarnya.  "PLN siap membantu. Berapa yang kita butuhkan. Tinggal dikoordinasikan," yakin Awang. Selanjutnya, Education Centre dan Pusat Sains Daerah ini diharapkan statusnya ke depan bisa menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), sehingga dapat dikelola lebih profesional dan bermanfaat bagi masyarakat maupun pemerintah daerah.

 

Awang yakin direktur yang baru dilantik mampu mengembangkan education center ini dengan baik. "Apa yang ada di tempat ini harus bermanfaat bagi daerah maupun masyarakat. Contoh asrama dapat dipromosikan untuk kegiatan-kegiatan mahasiswa," jelasnya. Education centre rencana akan dilengkapi laboratorium dan ruang kelas, bengkel atau workshop, taman bermain, perpustakaan, ballroom, gedung kantor dan ruang pertemuan, kantin, ruang masak, ruang makan, ruang cuci, masjid, klinik kesehatan, penginapan, teater outdoor dan fasilitas olahraga. Saat ini sarana dan fasilitas yang ada meliputi gedung kantor dan ruang pertemuan, gedung laboratorium, ruang kelas, gedung workshop, ruang kantin, ruang makan, ruang cuci, gedung ballroom dan asrama putra/putri masing-masing kapasitas 32 kamar.

 

Peresmian dihadiri Direktur Pusat Peragaan Iptek Kemenristek Dikti M Syachrial Annas, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Hj Meiliana, Kepala OPD  Pemprov Kaltim, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Reza Arief Dewanto, tokoh masyarakat, kepala sekolah, guru dan pelajar se-Samarinda.  (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait